www.korannasional.com-Juara tahfizh Quran 30 juz asal Indonesia Thoriq bin Edi Rahmad mendapatkan hadiah uang QAR 100,000 (sekitar Rp348 juta) pada lomba Mussabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Sheikh Jasim bin Muhammad bin Thani Competition di Qatar.

Thoriq merupakan putra Ketua Indonesia Diaspora Network (IDN) Kuwait, Edi Rahmad, kata Minister Counsellor Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Doha, B. Dharmawan, Kamis (14/12/2017).

Edi Rahmat yang juga anggota Ikatan Ahli Teknik Perminyakan Indonesia (IATMI) di Kuwait terbang ke Doha setelah memperoleh undangan panitia MTQ guna menghadiri penyerahan hadiah MTQ.

Menurutnya, kejuaraan dilakukan dalam tiga babak, babak awal terdapat 600 peserta kemudian mengerucut menjadi 15 peserta dan selanjutnya babak final menyisakan lima orang.

“Alhamdulillah. Thoriq satu-satunya wakil dari Indonesia yang sampai tahap akhir dan akhirnya menjadi juara pertama”, ujar Ketua Persatuan Masyarakat Indonesia di Qatar (Permiqa) Edwin Kurniawan

Selain mendapat hadiah uang QAR 100,000, Thoriq juga penerima program beasiswa pendidikan di Qatar menyisihkan 600 pesaing dari manca negara.

Menurut Edwin, karena Qatar lagi di blokade oleh negara tetangganya Edi Rahmad kesulitan mengirim uang hadiah karena pembatasan dari pemerintah Qatar.

“Terpaksa uangnya dikirim nyicil karena tidak bisa sekaligus,” ujar anggota IATMI Qatar.

Sheikh Jassim Bin Muhammad Holy Qur`an Competition adalah kompetisi musabaqah yang paling prestisius di Qatar dengan hadiah yang? cukup besar bagi pemenang didedikasikan mengenang komitmen terhadap nilai-nilai mulia Sheikh Jassim Bin Muhammad Al-Thani sebagai pendiri negara Qatar.(ant)