www.korannasional.com-Kapten tim nasional Portugal, Cristiano Ronaldo, memenangkan penghargaan pesepakbola terbaik atau Ballon d’Or yang kelima sepanjang karirnya, untuk menyamai catatan lima gelar yang diraih Lionel Messi.

Ronaldo menyabet gelar Ballon d’Or dengan mengungguli rival abadinya dari Barcelona, Lionel Messi, dan striker Paris Saint Germain (PSG) asal Brasil Neymar.

Pemain 32 tahun berjuluk CR7 itu meraih gelar tersebut karena menjadi pencetak gol terbanyak Liga Champions musim lalu sekaligus membawa Real Madrid mempertahankan trofi tersebut, dan memenangkan gelar Liga Spanyol.

“Tentu saya merasa bahagia, ini adalah sesuatu yang saya harapkan setiap tahun,” kata Ronaldo pada seremoni penghargaan Ballon d’Or di Paris, dilansir AFP Kamis malam atau Jumat (8/12) dini hari waktu Indonesia.

“Piala-piala yang dimenangkan tahun lalu membantu saya memenangkan penghargaan ini. Terima kasih rekan satu tim di Real Madrid. Dan saya ingin berterima kasih kepada seluruh pihak yang membantu saya mencapai level ini,” katanya.

Berdasarkan urutan, Messi berada di posisi kedua, Neymar yang menjadi pesepakbola termahal di urutan ketiga, kiper veteran Italia Gianluigi Buffon di urutan keempat dan gelandang Real Madrid Luka Modric di posisi kelima.

Gelandang Chelsea N’Golo Kante menjadi pemain dari Liga Inggris dengan urutan tertinggi di posisi kedelapan. Adapun striker Tottenham Hotspur Harry Kane di peringkat ke-10 dan menjadi satu-satunya pemain Inggris di daftar 10 besar Ballon d’Or.

Ronaldo — yang membantu Portugal lolos ke Piala Dunia Rusia tahun depan — memenangkan Ballon d’Or pertamanya pada 2008 bersama Manchester United kemudian meraihnya lagi pada 2013, 2014 dan 2016, demikian AFP.(ant)