www.korannasional.com-Manchester United, Paris Saint-Germain (PSG), AS Roma dan Barcelona sukses melenggang ke babak 16 besar Liga Champions sebagai juara Grup A hingga D pada pertandingan terakhir penyisihan grup, Selasa waktu setempat atau Rabu (6/12) waktu Indonesia.

Manchester United (MU) menyabet status juara Grup A setelah mengalahkan CSKA Moskow 2-1. Walaupun United sempat tertinggal 0-1 pada babak pertama, namun gol dari Lukaku dan Rashford memastikan pasukan Jose Mourinho itu menang di Old Trafford.

FC Basel menyusul Manchester United sebagai tim kedua yang berlaga di babak 16 besar setelah klub asal Swiss itu menundukkan Benfica 2-0 di Portugal.

PSG mempertahankan posisi puncak Grup B walaupun mereka menderita kekalahan pertama di Eropa pada musim ini, setelah ditaklukkan Bayern Muenchen 1-3 di Allianz Arena.

Pasukan Unai Emery itu mengamankan 15 poin, unggul selisih gol dari Bayern Muenchen (15 poin) yang lolos ke 16 besar sebagai runner-up grup B. Adapun Celtic akan berlaga di Liga Europa dan Anderlecht dipastikan angkat koper dari kompetisi Eropa.

Perebutan juara Grup C berlangsung sengit setelah Chelsea terpaksa turun ke posisi kedua imbas hasil imbang 1-1 dari Atletico Madrid. AS Roma yang sebelumnya masih harus berjuang untuk mendapatkan tiket lolos, justru berhasil menjadi juara grup berkat kemenangan 1-0 atas Qarabag.

Atletico Madrid harus menelan hasil buruk karena finalis Liga Champions 2013 dan 2015 itu tidak lolos ke 16 besar karena finis di posisi tiga dan akan melanjutkan kompetisi Eropa mereka di Liga Europa.

Seperti yang sudah diprediksi banyak kalangan, Barcelona dan Juventus, akan lolos ke babak 16. Barcelona keluar sebagai juara grup setelah menaklukkan Sporting Lisbon, dan Juventus lolos ebagai tim posisi kedua usai mendepak Olympiacos.

Sejumlah klub antara lain Liverpool, Sevilla, Napoli, RB Leipzig, dan Porto akan menentukan nasibnya untuk lolos ke 16 besar pada pertandingan terakhir grup E sampai H pada Rabu malam atau Kamis dini hari WIB.

Berikut hasil pertandingan grup A sampai D dilansir dari UEFA:

(tim cetak tebal lolos ke 16 besar)

Grup A
Benfica 0 – 2 Basel
Manchester United 2 – 1 CSKA Moscow

Grup B
Bayern Munich
3 – 1 Paris Saint Germain
Celtic 0 – 1 Anderlecht

Grup C
Chelsea
1 – 1 Atletico Madrid
Roma 1 – 0 Qarabag FK

Grup D
Barcelona
2 – 0 Sporting CP
Olympiacos 0 – 2 Juventus

Klasemen akhir grup A sampai D:

Posisi klub Selisih Gol Poin
Grup A
Manchester United
Basel
CSKA Moskva
BenficaGrup B
Paris Saint-Germain
Bayern Muenchen
Celtic FC
Anderlecht

Grup C
Roma
Chelsea FC
Atl Madrid
Qarabağ FK

Grup D
FC Barcelona
Juventus
Sporting CP
Olympiacos FC

9
6
-2
-13
21
7
-13
-153
8
1
-12

8
2
-1
-9

15
12
9
015
15
3
3

11
11
7
2

14
11
7
1