www.korannasional.com-Sebanyak 15 orang tewas dan satu juta orang terkena dampak banjir di wilayah selatan Thailand, menurut keterangan otoritas setempat, Selasa (5/12).

Hujan yang turun saat musim hujan akhir bulan lalu merendam delapan provinsi di Thailand, berdampak pada ratusan ribu rumah tangga, menurut Dinas Pencegahan dan Penanggulangan Bencana

Menurut pejabat di pusat informasi dinas tersebut kepada AFP, 15 orang tenggelam. Kurang dari sepekan yang lalu, korban berjumlah lima orang.

Sekitar satu juta penduduk terkena dampak banjir, ada yang rumahnya tergenang atau rusak, tidak dapat melakukan pekerjaan seperti bertani, atau kesulitan transportasi karena jalan terendam banjir.

Daerah yang diterjang banjir meliputi provinsi berpenduduk mayoritas muslim yang sudah lama diliputi kekerasan antara pemerintah dan pemberontak yang menginginkan otonomi lebih besar.

Direktur jenderal Badan Meteorologi, Wanchai Sakudomchai, mengatakan bahwa hujan diperkirakan akan berakhir pada pertengahan Desember.

“Tapi sebelum itu, hujan lebat diperkirakan akan terjadi mulai 6-8 Desember,” kata dia.

Setiap tahun Thailand mengalami musim banjir, seperti Juli dan Agustus lalu 20 orang tewas saat banjir di wilayah timur laut negara tersebut.(ant)