www.koranasional.com-Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menginformasikan gempa bumi berkekuatan 3 skala Richter melanda wilayah Padang Sidempuan dan Tapanuli Selatan, Senin (4/12) dini hari.

Sebagaimana dikutip dari situs www.BMKG.go.id, gempa di Padang Sidempuan terjadi pukul 00.01 WIB dengan kekuatan 3 SR pada kedalaman 10 km, dengan koordinat 1,17 LU-99,33 BT, di mana pusat gempa berada di darat atau 23 km sebelah tenggara Padang Sidempuan.

Sedangkan gempa di Tapanuli Selatan terjadi pada pukul 00.06 WIB dengan kekuatan 3 SR pada kedalaman 10 km, dengan koordinat 1,7 LU-99.35 BT, dan pusat gempa berada di darat 15 km sebelah timur laut Tapanuli Selatan.

Dalam informasi yang ditampilkan di situs resminya BMKG tidak memberikan keterangan apakah kedua gempa tersebut berpotensi menimbulkan tsunami atau tidak. BMKG hanya menyatakan kedua gempa tersebut masuk kategori I-II skala MMI (Modified Mercalli Intensity), yakni termasuk gempa dengan kategori lemah atau hampir tidak dirasakan sebagian orang.(ant)