www.korannasional.com-Penyerang senior Everton, Wayne Rooney, mencetak tiga gol yang mengantar timnya menghancurkan West Ham dengan skor 4-0 pada pertandingan pekan ke-14 Liga Inggris di Goodison Park, Kamis (30/11) pagi waktu Indonesia.

Kemenangan ini mendongkrak posisi Everton naik tiga tingkat ke posisi 13 dengan 15 poin, sedangkan West Ham belum beranjak dari posisi 18 klasemen dengan perolehan 10 poin dari 18 laga.

Pada jalannya laga, Everton mendapat hadiah penalti setelah penjaga gawang West Ham Joe Hart mejatuhkan Calvert-Lewin di menit 17.

Rooney yang bertindak sebagai eksekutor awalnya gagal mencetak gol dari titik putih karena bola ditepis Joe Hart, namun pada kesempatan kedua kapten Everton itu sukses mencetak gol dengan menyepak bola yang kembali ke lapangan seusai ditepis Hart.

Bekas pemain Manchester United itu menyarangkan gol keduanya pada menit 28 setelah menuntaskan serangan Davies yang mengirimkan bola setelah melewati pengawalan dua pemain bertahan West Ham. Skor 2-0 menutup babak pertama.

West Ham mencoba bangkit pada paruh kedua, namun sepakan Cresswell hanya membentur tiang gawang pada menit 53.

West Ham kembali membuang peluang emas untuk memperkecil ketertinggalan saat tendangan penalti Lanzini menyusul pelanggaran William terhadap Sakho berhasil diamankan kiper Everton pada menit 59.

Rooney mencetak gol ketiganya secara spektakuler pada menit 66 dengan melepaskan tembakan dari tengah lapangan yang memanfaatkan kesalahan Joe Hart yang meninggalkan gawangnya untuk menghentikan Calvert-Lewin.

Gol sundulan dari William pada menit 78 menggenapkan kemenangan 4-0 Everton atas West Ham, demikian Skysports.

Susunan pemain:

Everton (4-1-4-1): Pickford, Kenny, Holgate, Williams, Martina, Gueye, Lennon, Davies, Rooney, Sigurdsson, Calvert-Lewin.

West Ham (4-1-4-1): Hart, Zabaleta, Reid, Ogbonna, Cresswell, Obiang, Arnautovic, Kouyate, Lanzini, Masuaku, Ayew.