>

www.korannasional.com-Lombok Internasional Airport kembali dibuka, Senin pagi pukul 06.00 Wita setelah dinyatakan aman bagi keselamatan penerbangan.

“Bandara telah dioperasikan kembali mulai pukul 06.00 Wita,” ujar General Manager Angkasa Pura I Lombok Internasional Airport (LIA) I Gusti Ngurah Ardita di Praya, Lombok Tengah, Senin (27/11).

Pembukaan kembali operasional dan aktivitas penerbangan di LIA, ini juga disampaikan Kepala Stasiun Meteorologi Bandara Internasional Lombok, BMKG NTB, Oral Sem Wilar yang menyatakan berdasarkan data meteorologi yang ada di LIA, maka mulai pukul 06.00 Wita, operasional penerbangan sudah dibuka kembali.

“Dari hasil pertemuan yang kami gelar dengan seluruh pihak sejak pukul 05.00 Wita dan melihat data meteo yang ada bandara LIA pagi ini dibuka mulai pukul 6 Wita pagi,” jelasnya.

Sejak ditutup Minggu (26/11) sore sebanyak 26 penerbangan dari dan menuju LIA terpaksa harus dibatalkan menyusul penutupan aktivitas bandara akibat dampak erupsi Gunung Agung, Bali. Pembatalan penerbangan ini, untuk seluruh rute penerbangan baik domestik dan internasional dari dan menuju bandara LIA diantaranya rute-rute ke  Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Solo, Surabaya, Makassar, Balikpapan, Denpasar, Sumbawa, dan Bima. Termasuk, dua penerbangan internasional dari Kuala Lumpur dan Singapura.

Penutupan operasional LIA dilakukan setelah terbit notam (catatan peringatan penerbangan) B 8868/17 yang dikeluarkan pukul 17.55 Wita dengan pertimbangan aspek “safety” atau keselamatan penerbangan.(ant)

LEAVE A REPLY