www.korannasional.com-Kontingen Jawa Barat berhasil memperoleh predikat juara umum cabang olahraga renang Pekan Paralimpiade Pelajar Nasional (Peparpenas) VIII 2017 di Solo, Jawa Tengah, meski dengan kekecewaan karena mereka gagal memenuhi target medali.

Pelatih renang kontingen Jawa Barat Hendri Indra Gumilar di Solo, Senin, mengungkapkan rasa kecewanya selepas pasukannya gagal meraih target 10 emas yang untuk Peparpenas edisi 2017 di Solo, 11-13 November.

Hingga akhir pertandingan cabang olahraga renang di Kolam Renang Tirtomoyo, Manahan, Solo, pada Senin, mereka hanya mampu mendulang sembilan emas, dua perak dan tiga perunggu.

“Kalau renang target 10 emas dan nyatanya kami hanya dapat sembilan. Tentu meski kami juara umum, rasa kecewa ada karena target tidak tercapai,” kata Hendri .

Kendati demikian, Hendri mengatakan hal tersebut akan menjadi bahan evaluasi bagi kontingen Jawa Barat demi terus menunjukkan taring pada olahraga disabilitas khususnya di cabang olahraga renang ke depan.

Ia mengatakan pihaknya akan terus mengasah jam terbang atletnya dengan mengikuti sejumlah rangkaian kejuaraan, seperti kejurnas disabilitas yang berlangsung di Bandung, Jawa Barat, akhir November ini.

Selain itu, ia serta Komite Paralimpiade Nasional (NPC) cabang Jabar juga terus mencari bibit muda berpotensi agar kontingen mereka mempunyai regenerasi pada kejuaraan yang akan datang.

Meski begitu, hal tersebut diakuinya menjadi hal yang paling sulit karena mencari penyandang disabilitas untuk digodok menjadi atlet profesional sangat berbeda dibanding olahraga umum.

“Sebetulnya kekurangannya kami ini kalau mencari atlet disabilitas agak kesusahan dikarenakan orang tua kadang suka malu mempunyai anak disabilitas sehingga kami pencariannya dengan door to door, kalau umum kan mereka ramai-ramai mendaftarkan diri. Kalau disabilitas kita harus cari full ke lapangan. Itu tugas terberat kami,” ujarnya.

Jawa Barat berhasil keluar sebagai juara umum dengan mengumpulkan sembilan emas, dua perak dan tiga perunggu meninggalkan kontingen lainnya.

Perolehan akhir medali 10 besar cabang olahraga renang Peparpenas 2017 adalah: (keterangan: posisi, kontingen, emas, perak, perunggu)
 

1. Jawa Barat 9 2 3
2. Papua 7 6 5
3. Sulawesi Selatan 6 2 2
4. Sumatera Selatan 6 1 1
5. Riau 5 1 3
6. Jawa Timur 5 1 0
7. Jawa Tengah 4 3 3
8. Bali 2 2 0
9. DKI Jakarta 1 2 4
10. Kalimantan Barat 1 2 0