www.korannasional.com-Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) 2017, Dinas Kesehatan Kota Bogor, Jawa Barat melaksanakan senam massal diikuti 1.000 sebagai bagian dari kampanye Gerakan masyarakat hidup sehat atau Germas.

“Senam massal akan dilaksanakan serentak se-Indonesia, Minggu. Kota Bogor dipusatkan di Lapangan Heulang,” kata Kepala Seksi Infokes dan Humas Dinas Kesehatan Kota Bogor, Nia Nurkania, Sabtu (11/11).

Nia menyebutkan senam massal Germas rencanakan akan memecahkan Rekor Museum Reskor Indonesia (MURI).

“Diharapkan melibatkan pemerhati kesehatan dan masyarakat Kota Bogor yang peduli dan mau hidup sehat,” kata Nia.

Untuk senam massal Germas ini 1.000 peserta yang terdiri atas insan kesehatan dari berbagai institusi kesehatan, dan masyarakat umum kompak mengenakan baju warna biru dongker (navy).

Nia menyebutkan selain senam massal Germas dilakukan juga kampanye makan buah dan sayur. Kampanye dan deklarasi komitmen bersama tolak penyalahguna obat, serta kampanye cuci tangan pakai sabun.

“Tersedia bazar buah dan sayur, serta 100 siswa ikuti kampanye cuci tangan pakai sabun dan air bersih,” kata Nia.

Nia menyebutkan momentum HKN ke-53 tahun ini menjadi momentum untuk seluruh insan kesehatan merefleksikan kembali sejauh mana keberhasilan upaya kesehatan yang sudah dilaksanakan baik promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

“Sejauh mana keberhasilan sektor kesehatan dalam melibatkan semua unsur, lintas sektor, dalam melaksanakan pembangunan kesehatan,” katanya.

Nia menambahkan HKN 2017 mengangkat tema “Sehat Keluargaku Sehat Indonesiaku”. Tema tersebut sejalan dengan program Indonesia sehat melalui pendekatan keluarga.

“Keluarga menjadi awal untuk mendorong masyarakat yang mandiri untuk hidup sehat,” kata Nia.(ant)