www.korannasional.com–Pimpinan Pusat (PP) Dewan Masjid Indonesia (DMI) akan menyelenggarakan Muktamar VII DMI Tahun 2017. Perhelatan lima tahunan itu akan digelar mulai Jumat (10/11) hingga Ahad (12/11) di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur.

“Muktamar ini akan mengangkat tema besar: Mantapkan Akselerasi Memakmurkan dan Dimakmurkan Masjid,” ujar Sekretaris Jenderal (Sekjen) PP DMI, H. Imam Addaruqutni, usai memimpin rapat finalisasi panitia muktamar.

“Insya Allah, Muktamar VII DMI ini akan dibuka langsung oleh Wakil Presiden RI, DR. H. Muhammad Jusuf Kalla, yang juga Ketua Umum PP DMI. Adapun pembukaan muktamar akan berlangsung di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, pada Sabtu pagi (11/11) nanti,” tutur H. Imam Addaruquthni pada Rabu (7/9).

Rangkaian acara sendiri, lanjut Imam, akan dimulai pada Jumat siang. Rencananya, acara ini akan diikuti oleh sekitar 1.300 muktamirin, terdiri dari seluruh Pimpinan Wilayah (PW DMI) seluruh propinsi dan Pimpinan Daerah (PD DMI) seluruh Kabupaten/Kota seluruh Indonesia. dan tamu-tamu undangan serta perwakilan pengurus Masjid Raya di tingkat provinsi.

Menurut Wakil Rektor PTIQ ini, selain sidang-sidang yang menjadi inti Muktamar DMI VII kali ini juga akan dimeriahkan dengan berbagai kegiatan bazar dan event pendukung lainnya di halaman luar Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta. “Insya Allah, juga akan ada hadrah dan Tari Saman dari Aceh untuk menyambut kehadiran Wapres Jusuf Kalla saat membuka acara ini serta pemberian penghargaan kepada Tim akustik/pemberdayaan sound system, wilayah yang paling giat, kepala daerah yang peduli masjid dan penghargaan lainnya,” ungkapnya.

Imam menjelaskan, bahwa sidang – sidang komisi akan dibagi dalam tiga komisi, yakni Komisi A adalah Komisi Aorganisasi dan AD/ART, Komisi B membahabas program , da Komisi C bidang Rekomendasi baik Rekomendasi ke dalam maupun Rekomendasi keluar. Isyu-isyu krusial dan strategis kputusan-baik yang terkait internal organisasi maupun eksternal organisasi termasuk dinamika umat dan bangsa terkini, akan dibahas dan diputuskan oleh peserta muktamar yang secara teknis masuk dalam Bahasan Komisi C: Rekomendasi

PP DMI, paparnya, terus melakukan konsolidasi internal hingga ke PW dan PD untuk mensukseskan Muktamar VII DMI ini, termasuk dengan panitia pusat dan panitia lokal dari PW DMI DKI Jakarta. “Semoga acara muktamar ini berjalan sukses dan lancar, amiin yaa robal a’lamiin,” harapnya.

Sebelumnya, beberapa kegiatan pra-Muktamar juga diselenggarakan di beberapa daerah. Di acara pembukaan juga akan diadakan launching rencana pembangunan bakal Kantor Pusat PP DMI dengan memperkenalkan maquette design arsitektur gedung oleh Ketua Umum. Bakal gedung DMI berlokasi di Salemba, Jakarta Pusat, dan direncanakan lebih 8 lantai.

Seperti terlihat pada poster di atas, kegiatan side event di luar arena mutamar ini akan menghadirkan penampilan musik Islami dan panggung dakwah umum.

Selain itu, ada pula kegiatan pameran/ bazaar yang akan menghadirkan Halal Weekend Market (Pasar Halal Akhir Pekan), Creative Design Competition (Kompetisi Cipta Kreatif), Performing Art (Pentas Seni dan Tari), Community Gathering (Silaturrahim Komunitas), dan Children Competition (Perlombaan Khusus Anak-anak).

Beragam kegiatan di luar arena muktamar ini diselenggarakan oleh DMI bekerjasama dengan Indonesia Syiar Network (ISN), Komunitas Sedekah Sampah Pondok Indah (KISSPI), dan komunitas-komunitas Muslim lainnya di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek). (Supri/Rus)