www.korannasional.com-Sekitar 1.000 rumah di Kecamatan Bojongsoang, Baleendah dan Kecamatan Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, terendam banjir akibat hujan deras yang melanda kawasan tersebut sejak beberapa hari terakhir.

“Banjir terjadi di kecamatan tersebut dengan total rumah yang terendam 1.058 unit,” ujar kepala harian BPBD Kabupaten Bandung, Tata Iriawan Sobandi melalui pesan singkat, Rabu (8/11).

Ia mengatakan, saat ini warga di tiga kecamatan tersebut sudah ada mengungsi ke tempat yang aman seperti kantor kecamatan dan desa setempat.

Menurutnya, ketinggian air di tiga kecamatan itu bervariasi. Di Kecamatan Baleendah ketinggian air mencapai 10-150 cm, lalu Kecamatan Dayeuhkolot sekitar 10-150 cm dan Kecamatan Bojongsoang sekitar 50-150 cm.

Hujan deras yang melanda wilayah Bandung beberapa hari terakhir ini, membuat sungai Cikapundung, Cisangkuy, dan Citarum meluap. Apalagi tiga kecamatan tersebut merupakan pertemuan tiga sungai tersebut.

Saat ini, kata dia, BPBD Kabupaten Bandung bersama instansi terkait mulai mengevakuasi warga yang terjebak banjir, serta menyiapkan peralatan lengkap, mengingat hujan deras masih akan berlangsung hingga beberapa hari ke depan.

“Assesment BPBD dan evakuasi korban ke pengungsian,” katanya.(ant)