Sarasehan Jurnalistik Kota Depok: Pemkot dan Diskominfo Siap Dikritik

www.korannasional.com–Kota Depok, Jawa Barat, sarat dengan organisasi kewartawanan. Kehadiran para awak media tersebut sebagai ikatan emosional yang tak bisa dipisahkan terhadap pembangunan kota Depok.

“Dalam rangka membangun kemajuan, perbaikan diri, kesamaan visi, kami menerima segala kritik dan saran. Itu membuat kami introspeksi diri dalam bekerja, karena itu kami butuh teman-teman media,” kata Pradi Suprianto, Wakil Walikota Depok, saat membuka Sarasehan Jurnalistik dan Pemerintah Kota Depok, Jumat (27/10/2017).

Media Gathering dalam mensukseskan pembangunan kota Depok yang unggul, nyaman, dan religius itu digelar di Hotel Puri Avia, Cipayung, Bogor, Jawa Barat, 27-28 Oktober 2017. Acara yang prakarsai Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok itu dihadiri oleh 172 wartawan dari berbagai media cetak dan online lokal maupun nasional.

Mengingat tingginya perhatian media terhadap perkembangan pembangunan Kota Depok, yang unggul, nyaman, dan religius, Pradi bertekad untuk mendorong dibuatnya media centre. Setidaknya untuk tahun 2018. 

“Peran media sangat besar terhadap Kota Depok. Tanpa media, kami bukan siapa-siapa. Kota Depok tak bisa berkembang tanpa sentuhan media. Saya berharap Media Gathering ini dapat rutin dilaksanakan untuk meningkatkann hubungan sinergitas antara Pemkot dan media,” tuturnya.

Setali tiga uang, Kadis Diskominfo, Sidik Mulyono juga mengatakan akan menampung aspirasi, masukan atau kritikan dari media. Tapi, ia berharap kritikan itu bersifat yang membangun demi kemajuan Kota Depok. “Bukan sekadar kritik, tapi juga ada solusi sehingga kami bisa mendiskusikannya ke pimpinan,” kata Sidik. 

Sidik juga mengatakan pentingnya pemberitaan berimbang atau cover both side, sehingga enak dibaca sebagai informasi dan mencerdaskan pembacanya. “Menjadi seorang jurnalis itu harus bisa memberikan informasi yang benar, jangan memihak pada siapapun. Semua kode etik jurnalistik harus bisa dipegang teguh. Sebab melalui jurnalis, kebenaran bisa terungkap dan keadilan bisa diperjuangkan,” tuturnya.*SSarasehan Jurnalistik Kota Depok: Pemkot dan Diskominfo Siap Dikritik
(Surya)