www.korannasional.com-Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un berharap Xi Jinping mencapai “sukses besar” dalam sebuah ucapan selamat setelah Presiden China itu mengukuhkan kekuasaan di Kongres Partai Komunis.

Surat Kim memberikan “ucapan selamat tulus” kepada Xi setelah dia secara resmi mendapat jabatan periode kedua sebagai ketua partai berkuasa China menurut siaran kantor berita KCNA pada Kamis (26/10).

Pesan yang dikirim pada Rabu itu juga “menyatakan keyakinan bahwa hubungan antara kedua pihak dan kedua negara akan berkembang untuk kepentingan rakyat kedua negara itu” menurut KCNA.

Namun surat singkat berisi empat kalimat itu sangat kontras dengan ucapan saat Kim memuji pemimpin Tiongkok dan negaranya saat Xi baru menjabat sebagai presiden lima tahun lalu.

Pada 2012, Kim menggambarkan kedua negara sebagai “tetangga bersahabat yang dihubungkan oleh gunung dan sungai yang sama” dan menyebut hubungan bilateralnya sebagai “kekayaan berharga bersama dengan upaya dan kebijakan para pemimpin dari generasi yang lebih tua”.

Hubungan antara kedua negara tetangga tersebut memburuk dalam beberapa tahun terakhir, saat Korea Utara melakukan serangkaian uji coba nuklir dan peluncuran rudal meski ditentang oleh Beijing — satu-satunya sekutu diplomatik dan mitra ekonominya.

Beijing memangkas semua impor batu bara dari Korea Utara awal tahun ini dan mendukung sanksi Perserikatan Bangsa-Bangsa yang lebih luas terhadap Pyongyang dalam beberapa bulan terakhir menurut siaran kantor berita AFP.