www.korannasional.com-Bintang sepak bola George Weah dan Wakil Presiden Joseph Boakai di ambang maju ke putaran kedua pemilihan prisiden Liberia setelah unggul pada hitung cepat awal.

Partai-partai yang menyokong tiga kandidat lainnya menuding ada kecurangan dan bersumpah akan menentang hasil suara.  Namun para pengamat internasional menyatakan tidak ada kecurangan dalam Pemilu ini.

Pejabat Partai CDC yang menjadi asal Weah, Mulbah Morlu, menyebarkan undangan selebrasi di luar kantor pusat parpol ini.

Mantan striker Paris Saint-Germain dan AC Milan itu menduduki peringkat kedua di belakang Presiden Ellen Johnson Sirleaf pada Pilpres 2005.

Sementara itu manajer tim kampanye Boakai, Mohammed Ali, menyatakan kepada Reuters bahwa sang wakil presiden maju ke putaran kedua menghadapi Weah awal bulan depan.

Liberia, republik modern tertua di Afrika, didirikan oleh budak-budak yang dibebaskan AS pada 1847, tetapi pemindahan kekuasaan yang demokratis terakhir dialami negeri ini terjadi pada 1944.(ant)