www.korannasional.com-Islandia menjadi negara paling kecil yang lolos ke putaran final Piala Dunia ketika menaklukkan Kosovo 2-0, Selasa (10/10) dini hari WIB, demi merebut satu tiket putaran final pertama mereka di Rusia tahun depan sebagai juara Grup I.

Gylfi Sigurdsson memecah kebuntuan lewat gol indah pada lima menit sebelum babak pertama usai untuk membuktikan perjalanan Islandia sampai perempatfinal Piala Eropa 2016 yang di antaranya ditandai dengan kemenangan atas Austria dan England, adalah bukan nasib baik belaka.

Sigurdsson juga merancang gol kedua yang diciptakan Johann Gudmundsson pada babak kedua untuk membawa Islandia menuntaskan kampanye kualifikasi Piala Dunia 2018 dengan memenangkan tiga pertandingan terakhirnya tanpa kemasukan gol.

Ini adalah pencapaian luar biasa untuk negara yang hanya berpenduduk 350.000 orang. Negara paling kecil sebelumnya yang lolos ke putaran final Piala Dunia adalah Trinidad & Tobago pada 2006, yang berpenduduk 1,3 juta orang.

Dilatih oleh  dokter gigi paruh waktu Heimir Hallgrimsson, Islandia memuncaki grup ini dengan 22 poin dari 10 pertandingan, demikian Reuters.