www.korannasional.com-Sekitar 12 hektare hutan di kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani, Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat dilaporkan terbakar pada Senin (9/10).

Kepala Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (BTNGR) Agus Budi Santosa di Mataram, Selasa, menyebutkan kebakaran tesebut berlokasi di Bukit Telaga, Desa Sembalun Lawang.

“Begitu kami mendapatkan laporan kami bersama tim langsung bergegas menuju lokasi setelah mendapat laporan via telepon dari warga terkait kebakaran itu,” katanya.

Agus menuturkan, pemadaman dilakukan mulai pukul 14.00 WITA, dengan melibatkan Balai TNGR bersama Koramil Sembalun, Polsek Sembalun, Tim Siaga Bencana Daerah, Masyarakat Peduli Api, Masyarakat Mitra Polhut, dan masyarakat.

Ia mengungkapkan kobaran api sempat mengarah ke perkampungan warga, namun dapat dikendalikan. Namun, api yang melahap lahan di area curam sulit untuk dipadamkan.

“Api berhasil kita padamkan baru pada pukul 12.00 WITA,” terangnya.

Agus mengatakan penyebab kebakaran masih diselidiki. “Api diperkirakan bermula dari pembakaran lahan kebun yang tidak terkendali,” katanya.(ant)