www.korannasional.com-Aparat Kepolisian Resor Kediri, Jawa Timur, berhasil menjinakkan seekor sapi yang mengamuk sebelum disembelih di Hari Raya Idul Adha 2017 di markas kepolisian resor setempat.

Kepala Sub Bagian Hubungan Masyarakat Polres Kediri AKP Sumaryono, Jumat (01/9), mengemukakan sapi tersebut rencananya akan disembelih, namun tiba-tiba lepas dari ikatan dan lari ke posko pembagian daging di Mapolres Kediri.

“Sapi itu langsung lari menuju posko pembagian daging dan mengacak-acak isi di dalam posko. Petugas pemotongan daging yang ada di posko tadi juga panik dan melarikan diri, menyelamatkan diri,” katanya di Kediri.

Lebih lanjut ia mengatakan, sapi yang mengamuk saat akan disembelih itu adalah sapi kurban jajaran Polres Kediri. karenanya anggota pun langsung berupaya untuk menenangkan sapi jantan itu, dan tanpa menunggu lama, sapi tersebut disembelih.

Ia menambahkan, secara total pada Hari Raya Idul Adha 2017 tersebut, Polres Kediri melakukan penyembelihan sembilan ekor sapi dan lima ekor kambing. Seluruh hewan ternak tersebut berasal dari jajaran kepolisian di wilayah hukum Polres Kediri.

Daging kurban tersebut nantinya akan dibagikan pada sekitar 1.500 penerima. Polres Kediri juga menyebar kupon untuk mengambil daging. Dalam kesempatan tersebut, pembagian menggunakan kupon berjumlah 1.000 kupon, sementara yang dibagikan secara langsung mencapai 500 bungkus.

Sementara itu, Pelaksana Tugas Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Kabupaten Kediri Tutik Purwaningsih mengatakan sudah menurunkan tim untuk melakukan pemeriksaan hewan kurban. Ada sekitar empat tim yang akan disebar di seluruh Kabupaten Kediri.

“Secara total, yang terpantau ada 54 titik pemotongan hewan kurban di Kabupaten Kediri. Kami menurunkan empat tim untuk memantau proses penyembelihan hewan serta kesehatan daging hewan kurban,” katanya.

Ia juga menambahkan, proses pemantauan itu akan dilakukan di hari bertepatan dengan perayaan Idul Adha 2017 serta sehari setelahnya. Tim akan meneliti kesehatan daging kurban. Jika ditemukan ada indikasi terkena penyakit, tim akan menganjurkan agar daging tersebut tidak dibagikan.(ant)