www.korannasional.com-Nasi goreng Kebon Sirih adalah salah satu nasi goreng kambing yang tersohor di Jakarta.

Tempat makan yang berdiri sejak 1998 ini memiliki bumbu rempah khas yang membuat tempatnya selalu dipenuhi pembeli hingga kadang membuat lalu lintas tersendat di Kebon Sirih.

Menu ini bisa jadi alternatif untuk Anda yang ingin mengolah daging kurban namun tak mau terjebak pada hidangan yang itu-itu saja. Berikut adalah resep nasi goreng ala Kebon Sirih seperti dikutip dari Bango.
Resep Nasi Goreng ala Kebon Sirih

Bahan-bahan:
300 gr daging kambing, diiris tipis atau potong kotak-kotak kecil (sesuai selera)450 gr nasi matang (sebaiknya nasi yang dimasak sehari sebelumnya)100 gr minyak samin100 ml kaldu kambing (bila tidak ada, gunakan air matang)2 cm kayu manis1 lembar daun bay (semacam daun salam)

Bumbu halus:
7 siung bawang merah4 siung bawang putih4 biji cabe merah2 biji cabe rawit merah¼ sdt kunyit bubuk¼ sdt jintan bubuk2 biji cengkeh, dihaluskan2 biji kapulaga, dihaluskanKecap manis, secukupnyaGaram, secukupnya

Cara memasak:
– Panaskan minyak samin di dalam wajan, masukkan kayu manis, daun bay, dan bumbu halus lalu tumis hingga harum.

– Tambahkan daging kambing ke dalamnya, kemudian aduk hingga bumbu merataTambahkan kaldu kambing, biarkan mendidih hingga daging kambing matang dan kaldu agak mengental.

– Masukkan nasi, kecap serta garam, aduk hingga tercampur merata dannasi agak mengeringSiap disajikan dengan acar dan emping atau kerupuk.