www.korannasional.com-Presiden Joko Widodo memimpin apel kehormatan dan renungan suci di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta, pada Kamis (17/8), tepat pukul 00.00 WIB dalam rangka memperingati HUT ke-72 Republik Indonesia.

“Kami yang hadir saat ini, Kamis 17 Agustus 2017 pukul 00.00 WIB pada upacara mengenang arwah dan jasa pahlawan nusa bangsa yang telah bersemayam di makam ini,” kata Presiden Joko Widodo dalam pidato apel kehormatan di Taman Makam Pahlawan Kalibata.

Dalam apel kehormatan dan renungan suci tersebut, Jokowi selaku inspektur upacara memberikan penghormatan kepada 9870 pahlawan yang dikenal maupun yang tak dikenal yang bersemayam di Taman Makam Pahlawan.

“Kami menyatakan hormat yang sebesar-besarnya atas keridhoan dan keikhlasan para pejuang,” kata Presiden.

“Perjuangan para pahlawan adalah perjuangan kami juga dan jalan yang ditempuh oleh para pahlawan adalah jalan kami juga,” kata Presiden Joko Widodo seraya mendoakan semoga arwah para pahlawan diterima Tuhan di tempat sebaik-baiknya.

Apel kehormatan tersebut dihadiri juga oleh Wakil Presiden RI Jusuf Kalla, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, para Menteri Kabinet Kerja, anggota DPR RI dan sejumlah pejabat lainnya.

Apel kehormatan dan renungan suci adalah agenda tahunan yang dilaksanakan untuk menghormati jasa-jasa para pahlawan yang telah gugur memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Apel kehormatan berlangsung khidmat di Taman Makam Pahlawan Kalibata yang gelap gulita malam itu.

Selain pembacaan apel kehormatan dan renungan suci, dilakukan juga prosesi penyalaan obor dan mengheningkan cipta.(ant)