www.korannasiona.com-Juara Olimpiade Rio de Janeiro 2016, Ferry Weertman menambah koleksi medalinya dengan memperoleh emas dalam kejuaraan dunia renang perairan terbuka 10 kilometer (km) di danau Balaton, Selasa (18/7).

Perenang Amerika Serikat Jordan Wilimovsky yang merupakan peraih medali emas kejuaraan dunia di Kazan pada tahun 2015 tapi hanya finis kelima di Rio, mendapatkan perak, sementara perunggu didapatkan Marc-Antoine Olivier dari Prancis.

Adapun peraih medali perunggu Olimpiade, Olivier telah memenangkan emas di nomor 5km pada hari Sabtu di tempat yang terletak sekitar 130km di selatan Budapest tersebut.

Weertman yang berpaspor Belanda tersebut, berhasil finis setelah satu jam 51 menit dan 58,5 detik di dalam air, memanfaatkan jangkauannya yang lebih panjang untuk mengalahkan Wilimovsky hanya sepersepuluh detik dalam pertarunganh tiga orang untuk mencapai garis finis.

Emas tersebut merupakan yang pertama bagi Belanda dalam ajang tersebut sejak pertama kali tampil di kejuaraan dunia pada tahun 2001 lalu.

Perenang Inggris Jack Burnell, yang didiskualifikasi di Rio, menempati posisi keempat dan 1,5 detik di belakang Olivier setelah berada di posisi kedua pada pertengahan jalan. Enam perenang teratas semuanya selesai dalam jarak waktu sekitar empat detik satu sama lain.

Di jarak 5km sektor wanita tersebut akan digelar pada hari Rabu dengan program renang utama di kolam Budapest dimulai pada hari Minggu, demikian Reuters.