www.korannasional.com-Karolina Pliskova menjadi petenis nomor satu dunia Selasa (11/7), meski tersingkir di putaran dua turnamen Wimbledon dan belum pernah menyabet gelar Grand Slam.

Petenis putri Ceko berusia 25 tahun itu akan naik peringkat dari urutan ketiga ke posisi puncak daftar peringkat tenis dunia pada Senin pekan depan setelah petenis nomor dua dunia Simona Halep dikalahkan Johanna Konta di perempat final Wimbledon.

Kekalahan Halep dan petenis nomor satu dunia saat ini Angelique Kerber, yang tersingkir di putaran keempat, membuat Pliskova memperoleh cukup poin untuk menggeser posisi petenis putri Jerman dari peringkat teratas.

Pliskova menjadi petenis putri nomor satu dunia bahkan sebelum menyabet satu pun gelar dari empat turnamen paling bergengsi.

Namun ia sukses menembus final AS Terbuka tahun lalu, semifinal Prancis Terbuka 2017 dan menyabet empat gelar dari Cincinnati, Brisbane, Doha dan Eastbourne pada tahun kalender lalu.

Halep semestinya menjadi petenis nomor satu dunia jika mampu mengandaskan perlawanan Konta dan melenggang ke semifinal.

“Dimahkotai sebagai pemain nomor satu dunia WTA merupakan penghargaan tertinggi dalam olahraga kami, dan saya ingin menyampaikan ucapan selamat saya kepada Karolina mengenai pencapaian luar biasa ini,” kata pemimpin WTA, Steve Simon.

“Karolina adalah atlet teladan di dalam dan luar lapangan dan dia benar-benar layak mendapatkan momen fantastis ini dalam karirnya,” katanya sebagaimana dikutip kantor berita AFP.

Secara keseluruhan dia menjadi perempuan ke-23 yang memuncaki peringkat komputer sejak cara itu diperkenalkan tahun 1975, dan yang pertama dari Republik Ceko yang berhasil melakukannya.

Martina Navratilova sudah membelot dari Cekoslowakia ke Amerika Serikat ketika dia pertama kali menempati peringkat satu dunia pada 1978.

Steffi Graf tercatat sebagai yang paling lama bertahan di peringkat satu (377 pekan), disusul Navratilova (332 pekan) dan Serena Williams (319 pekan).(ant)