www.korannasional.com-Panitia pusat ajang balap sepeda internasional Tour de Singkarak (TdS) 2017, menetapkan puncak Kelok 44 di Kecamatan Matur, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, sebagai lokasi finis etape delapan dari Kabupaten Padang Pariaman menuju daerah itu, yang akan digelar pada Selasa 17 Oktober 2017.

“Lokasi finis etape delapan ini sudah oke dan penyerahan hadiah nantinya dilakukan di Ambun Pagi,” kata Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Agam, Hadi Suryadi di Lubukbasung, Minggu (9/7/2017).

Ia mengatakan, alasan panitia menuju puncak Kelok 44 sebagai lokasi finis akibat pengunjung ke lokasi finis sebelumnya di Lawang Kecamatan Matur tidak begitu ramai.

Selain itu, ikon TdS selama ini merupakan Kelok 44 karena memiliki tantangan bagi para atlet dan lokasi cukup bagus.

“Kelok 44 memiliki tanjakan yang cukup menantang bagi atlet, sehingga tanpa adanya Kelok 44 maka TdS tidak ada menarik bagi atlet,” katanya.

Untuk itu, atlet meminta puncak Kelok 44 sebagai lokasi finis dan lokasi finis berada di tanjakan.

Sebelumnya, puncak Kelok 44 ini belum pernah menjadi lokasi finis TdS.

Ia mengatakan akan mengusulkan rute yang akan dilalui etape delapan untuk mengelilingi Danau Maninjau kepada panitia.

Dalam waktu dekat, tambahnya, panitia akan meninjau lokasi yang telah diusulkan.

“Kita berharap usulan ini disetujui panitia pusat, karena atlet bisa menikmati keindahan Danau Maninjau.

Tour de Singkarak (TdS) ke IX dimulai pada 10 sampai 18 Oktober 2017. Etape satu dari Kabupaten Tanah Datar menuju Padang, Selasa (10/10). Etape dua dari Pesisir Selatan menuju Sawahlunto, Rabu (11/10), etape tiga dari Sijunjung menuju Dharmasraya, Kamis (12/10).

Sementara etape empat dari Danau Singkarak Kabupaten Solok menuju Payakumbuh, Jumat (13/10), etape lima dari Lembah Arau Kabupaten Limapuluh Kota menuju Padang Panjang, Sabtu (14/10).

Sedangkan etape enam dari Kota Solok menuju Padang Arau Kabupaten Solok Selatan, Minggu (15/10), etape tujuh dari Kota Pariaman menuju Pasaman Barat, Senin (16/10), etape delapan dari Padang Pariaman menuju Agam, Selasa (17/10) dan etape sembilan dari Pasaman menuju Bukittinggi, Rabu (18/20).(ant)