www.korannasional.com-Sebanyak 65 persen penerangan jalan umum (PJU) di jalur mudik Pantura Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, mengalami kerusakan, untuk itu Dishub akan melakukan perbaikan menjelang arus mudik Lebaran 2017.

“Yang di jalur pantura itu kewenangan pusat dan sampai saat ini kami mendata ada 65 persen PJU yang rusak, karena berbagai faktor,” kata Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Indramayu, Trisna Hendarin di Indramayu saat dihubungi, Kamis (8/6/2017).

Dia menuturkan meskipun itu kewenangan pusat, pihaknya juga mendapatkan instruksi untuk memperbaikinya, namun anggaran semua yang mengelola adalah pusat, jadi untuk Dishub sendiri hanya bisa menunggu.

Untuk PJU di Kabupaten Indramayu, bukan hanya wewenang Pemerintah Kabupaten, namun ada beberapa titik kewenangan Provinsi dan Pusat.

“Contohnya disepanjang jalur pantura itu semua kewenangan pusat dan dari pendataan hampir 65 persen mengalami kerusakan, karena PJU itu sudah lama sekali,” tuturnya.

Menurutnya dalam waktu dekat ini penerangan jalan umum yang menjadi kewenangan Kabupaten, Pemprov dan Pusat akan diperbaiki untuk menyambut mudik lebaran.

Dia mengatakan ada faktor-faktor yang menyebabkan PJU rusak yaitu karena sudah tua, konseleting dan juga adanya ulah tangan yang tidak bertanggung jawab.

Sementara itu PJU yang menjadi kewenangan Kabupaten yang mengalami kerusakan sekitar 30 persen dari total 20 ribu PJU terpasang.

“Di jalur mudik sendiri hampir semua sudah dipasang PJU, kalau yang belum dipasang itu jalan-jalan desa,” tambahnya.(ant)