www.korannasional.com–Banyak masyarakat meragukan bahkan tak percaya jika mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaya Purnama alias Ahok yang divonis hukuman 2 tahun penjara karena melakukan penistaan Agama Islam mendekam di penjara Rutan Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok.

Indikasi Ahok tak pernah ada di tahanan Rutan Mako Brimob Kelapa Dua Depok itu diungkap oleh Kuasa Hukum Al Khaththath, Achmad Michdan.

Al Khaththath yang terlebih dahulu ditahan di Rutan Mako Brimob karena tuduhan kasus makar itu mengatakan kepada Muchsan bahwa dirinya tidak pernah melihat Ahok.

Michdan sempat bertanya ke Al Khaththath, apakah pernah bertemu dengan Ahok? Sekretaris Jenderal Forum Umat Islam (FUI) itu menjawab tidak pernah bertemu dengan Ahok selama berada di tahanan Mako Brimob Kelapa Dua, Depok.

Michdan juga pernah menanyakan keberadaan Ahok kepada petugas di Rutan Mako Brimob ketika sedang menjenguk Al Khaththath. Namun, Michdan mengatakan jawaban petugas selalu sama, yaitu petugas selalu menjawab tidak tahu.

“Saya pernah tanya, tapi (jawabannya) enggak tahu. Petugas itu yang memang tidak tahu atau pura-pura tidak tahu, kami juga enggak ngerti,” ungkap Michdan seperti dikutip dari Harian Umum Republika, Senin (5/6/2017).

Muhammad Gatot Saptono alias Ustaz Al Khaththath ditetapkan sebagai tersangka kasus makar. Alkhaththah dan sejumlah orang dituding melakukan pemufakatan jahat.

Al Khaththath dikenakan Pasal 107 KUHP juncto Pasal 110 KUHP tentang pemufakatan makar. Kepolisian pun menahannya di Rutan Mako Brimob sejak Jumat 31 maret 2017 lalu.

Sedangkan Ahok divonis majelis hakim Pengadilan Jakarta Utara dalam kasus penodaan agama. Dia dipindahkan ke Mako Brimob sejak 10 Mei 2017, setelah sempat ditempatkan di Lapas Cipinang, Jakarta Timur.

“Ahok ngga ada kok di tahanan, kalau pun ada di Rutan Mako Brimob cuma kalau ada pengecekan atau ada tamu, setelah itu, ya enggak tahu dimana?,” tutur seorang warga sekitar kompleks Mako Brimob yang enggan disebutkan namanya .

Menurut dia, Kompleks Mako Brimob ada beberapa pintu masuk dan keluar, tapi ada dua pintu masuk dan keluar yang bisa dilalui kendaraan yakni melalui pintu utama dan pintu belakang Kompleks Mako Brimob.(rsn)