www.korannasional.com–Bali United berhasil menghentikan rekor belum pernah kalah Persib Bandung di Liga 1. Bermain di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Rabu (31/5), Serdadu Tridatu menang dengan skor tipis 1-0. Satu-satunya gol Bali United udicetak Marcos Flores di menit 32.

Tiga angka sempurna yang dipetik anak-anak asuh Widodo Cahyono Putro ini mengangkat posisi Bali United ke peringkat enam dengan nilai 13. Persib ada setingkat di bawah Bali dengan nilai yang sama. Irfan Bachdim dan kawan-kawan kini unggul selisih gol dari Maung Bandung.

Kemenangan ini juga melanjutkan tren positif Bali sejak kedatangan Widodo. Bersama pelatih asal Cilacap tersebut, Bali United mencatatkan dua kemenangan dan satu hasil seri di Liga 1.

Bagi Persib, kekalahan ini yang pertama dalam delapan pekan awal Liga 1. Sebelumnya, pada tujuh laga belum ada satupun tim yang dapat mengalahkan si Pangeran Biru.

Pertandingan cepat diperagakan kedua tim sejak kick off babak pertama. Tim tamu Maung Bandung lebih banyak melukan inisiatif permainan cepat dari kaki ke kaki. Sementara Bali lebih banyak bersabar menantikan peluang lewat serangan balik.

Peluang emas dibuat Persib pada menit ke-15. Berawal dari Sergio van Dijk yang menjemput bola ke sisi kiri. Van Dijk memberikan bola kepada Zola yang kemudian meneruskan kepada Febri Hariyadi yang lepas di sisi kanan. Febri tidak membuat ancang-ancang tembakan. Pemain 20 tahun itu mengumpan lagi ke Zola yang lari ke mulut gawang. Sayangnya umpan Febri membentur bek Bali Ricky Fajrin yang kemudian menghalau bola.

Bali pun tak mau tinggal diam. Winger lincah Yabes Roni mengancam pada menit 21. Pemain asal Alor itu melewati adangan sejumlah gelandang Persib sampai ia ke wilayah bibir kotak penalti. Tapi Ahmah Jufriyanto masih bisa menghalau sehingga gawang Maung Bandung yang dijaga M Natshir aman.

Gol yang ditunggu-tunggu publik Gianyar akhirnya hadir di menit 32. Masih diawali serangan balik yang diotaki Irfan Bachdim yang kemudian menyerahkan bola kepada Sylvano Comvalius di sisi kiri pertahan Persib. Sylvano menendang dengan keras dari luar kotak penalti.

Sepakan pemain asal Belanda itu membentur mistar gawang Deden. Marcos Flores yang sudah berada di mulut gawang menyambut bola rebound dengan sundulan ke arah gawang yang sudah kosong. Skor 1-0 untuk Bali United.

Persib coba mengejar ketertinggalan pada sisa waktu babak kedua. Febri lebih banyak punya kesempatan beraksi di sayap kanan. Tapi umpan-umpan pemain yang akrab disapa Bow itu belum ada yang menemui sasaran.
Bali masih dengan cara yang sama, sabar menantikan lini depan Persib membuat kesalahan untuk kemudian menyerang balik. Tapi hingga babak pertama berakhir, tak lagi gol tercipta, Bali unggul 1-0 atas Persib.

Pada babak kedua, Persib mencoba mencari cara untuk menghindari kekalahan. Sergio van Dijk yang masih mandul digantikan oleh Tantan. Gian Zola juga ditarik untuk memberikan kesempatan kepada Raphael Maitimo.

Namun, rencana yang disiapkan pelatih Djadjang Nurdjaman tidak berjalan mulus. Petaka malah menghampiri lagi ke skuat Maung Bandung, Hariono harus menjalani perawatan medis  usai dijatuhkan marquee player Bali, Nick Van Der Velden. Hariono digantikan oleh Kim Kurniawan.

Sejumlah pergantian yang dilakukan Persib tetap tidak membuagkan hasil. Satu-satunya peluang emas diciptakan Tantan pada menit ke88. Striker asli Jawa Barat itu menyundul tepat ke gawang. Namun, upayanya masih lemah dan bola mudah diamankan kiper Bali.

Setelah tambahan waktu tiga menit, Bali United berhasil mempertahankan keunggulan. Persib harus merasakan perihnya kekalahan perdana mereka di Liga 1. (Meidya)