www.korannasional.com-Menjelang mudik lebaran, Co-founder & Chief Communication Officer Tiket.com, Gaery Undarsa, mengatakan bahwa tiket kereta api tidak banyak tersisa, namun tiket pesawat umumnya masih tersedia hingga hari H.

Sayangnya, harga tiket pesawat cenderung lebih mahal mendekati hari H. Untuk mengakali hal itu, Gaery memiliki tips untuk mencari tiket pesawat dengan harga lebih murah jelang mudik.

1. Usahakan beli jauh hari

Salah satu tips agar mendapat tiket pesawat murah menurut Gaery adalah membeli tiket jauh hari.

“Belinya makin jauh karena kalau pesawat ada sistem kelas. Bangkunya sama bangku ekonomi, tapi kelasnya ada banyak, caranya pakai kuota, kelas yang paling murah jumlahnya tidak terlalu banyak,” ujar Gaery kepada ANTARA News, di Jakarta, Selasa (30/5/2017).

“Kalau kelas yang paling bawah habis, kelasnya dinaikkan dan harganya juga naik. Begitu sudah habis naik lagi. Bisa dibilang, justru makin mendekati, harga makin naik,” sambung dia.

Menurut Gaery, membeli tiket saat tengah malam atau dini hari tidak mempengaruhi harga. Pasalnya, airline di Indonesia menjual tiketnya berdasarkan jumlah permintaan.

“Kalau di Indonesia masih belum, kalau di luar negeri iya, waktu dan lain-lain berpengaruh. Kalau di Indonesia lebih ke supply dan demand,” kata dia.

“Banyak orang yang beli harganya makin naik karena kelasnya makin naik,” lanjut dia.

2. Pisahkan pesanan jika pesanan berjumlah banyak

Jika Anda membeli tiket untuk keluarga besar, Anda sebaiknya memisahkan jumlah pesanan.

“Beli untuk enam orang lebih baik di-split. Misalnya, kelas murah sisa tiga tapi karena Anda memesan enam tiket jadi pesanan Anda digeser ke kelas yang lebih mahal, sehingga Anda mendapatkan tiket yang lebih mahal,” ujar Gaery.

3. Pesan tiket Pulang-Pergi

Gaery memberi saran untuk membeli tiket PP (Pulang-Pergi) sekaligus. Pasalnya, maskapai penerbangan banyak memberikan round trip deal yang membuat harga lebih murah.

“Mereka jarang memberikan diskon, tapi deal khusus seperti round trip deal yang langsung mereka berikan, bukan dari kita,” ujar dia.

4. Usahakan untuk tidak memesan tiket untuk penerbangan di akhir pekan

Gaery melihat kecenderungan harga tiket lebih mahal di akhir pekan, sehingga dia menyarankan untuk tidak membeli tiket untuk penerbangan di akhir pekan.(ant)