www.korannasional.com-Kementerian Perhubungan telah menyiapkan kursi mudik gratis bagi 1.030 penumpang dan 393 sepeda motor dari Jakarta ke Yogyakarta dengan moda transportasi bus dan truk.

“Tahun ini Kemenhub kembali menyiapkan armada bus dan truk untuk mudik gratis tujuan Yogyakarta meski jumlahnya menurun,” kata Kepala Bidang Angkutan Darat Dinas Perhubungan (Dishub) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Harry Agus Triono di Yogyakarta, Sabtu (27/5/2017).

Menurut Harry, untuk program mudik gratis Lebaran 2017 jumlah bus yang disiapkan dari Jakarta ke Yogyakarta sebanyak 23 bus 1.030 penumpang. Jumlah itu menurun dibandingkan Lebaran 2016 yang mencapai 42 bus dengan kuota 1.878 penumpang.

Adapun jumlah truk yang disiapkan untuk mengangkut sepeda motor penumpang secara gratis pada 2016 sebanyak 19 truk dengan kuota 939 sepeda motor, sementara tahun ini menurun menjadi 9 truk untuk 393 sepeda motor.

Ia mengatakan seluruh pemudik akan diberangkatkan dengan bus tujuan akhir Terminal Giwangan, Yogyakarta pada 22 Juni 2017. Sedangkan sepeda motornya yang akan diangkut dengan truk akan diberangkatkan terlebih dahulu sehari sebelumnya atau 21 Juni 2017.

“Seluruh penumpang beserta sepeda motor yang diangkut akan diturunkan di Terminal Giwangan, Yogyakarta,” kata dia.

Selain mudik gratis, menurut dia, Kemenhub juga menyediakan armada untuk arus balik atau kembali dari Yogyakarta ke Jakarta secara gratis dengan menyediakan 11 bus untuk 495 penumpang, dan 6 truk untuk mengangkut 253 unit sepeda motor.

“Untuk arus balik dari Yogyakarta ke Jakarta pemberangkatan pada 1 Juli Juli untuk penumpang dan 30 Juni untuk sepeda motor di Stadion Kridosono atau Terminal Giwangan,” paparnya.

Selain Kemenhub, menurut dia, Jasa Raharja juga ikut menyediakan 40 bus untuk mudik gratis dari Jakarta ke Yogyakarta dengan jadwal keberangkatan pada 19 Juni 2017 dari Taman Mini Indonesia Indah.

Sementara untuk pemudik dari Surabaya ke Yogyakarta, Jasa Raharja juga memfasilitasi 20 bus dengan keberangkatan pada 21 Juni 2017 dari Makodam Brawijaya.

“Para pemudik dari Program Mudik Gratis Jasa Raharja akan diturunkan di Terminal Giwangan, dan Terminal Dhaksinarga, Gunung Kidul,” kata dia.(ant)