www.korannasional.com-Tiket kereta api di wilayah Daerah Operasi 9 Jember, Jawa Timur, untuk arus balik Lebaran 2017 sudah habis untuk beberapa rangkaian kereta yang beroperasi dari kota itu, meskipun sekarang baru awal Ramadhan 1438 Hijriyah.

Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi (Daop) 9 Jember Luqman Arif, Jumat, mengatakan secara keseluruhan rata-rata tiket kereta api pada H-4 hingga H+4 Lebaran 2017 sudah terjual sekitar 90 persen.

“Namun ada beberapa rangkaian kereta yang tiketnya sudah terjual habis yakni KA Mutiara Timur relasi Banyuwangi-Surabaya, KA Logawa relasi Jember-Purwokerto, dan KA Sritanjung relasi Banyuwangi-Lempuyangan,” katanya di Kabupaten Jember.

Menurutnya, sebagian besar warga sudah merencanakan jadwal untuk mudik dan balik Lebaran 2017, sehingga mereka sudah membeli tiket jauh hari sebelum keberangkatan agar tidak kehabisan tiket kereta api untuk pulang ke kampung halamannya.

“Pembelian tiket kereta api untuk jarak jauh bisa dilayani pada H-90 keberangkatan, sehingga banyak warga yang membeli tiket baik melalui channel eksternal maupun loket di sejumlah stasiun,” tuturnya.

Di Daop 9 Jember, setiap hari tercatat tujuh keberangkatan KA jarak jauh yakni KA Mutiara timur siang dengan relasi Banyuwangi – Surabaya, KA Mutiara timur malam dengan relasi Banyuwangi – Surabaya, kemudian KA Sri tanjung relasi Banyuwangi – Lempuyangan.

Selanjutnya KA Probowangi relasi Banyuwangi – Surabaya, KA Tawang alun relasi Banyuwangi – Malang, KA Logawa relasi Jember – Purwokerto, dan KA Rangga jati relasi Jember – Cirebon, sedangkan untuk KA lokal di Daop 9 tercatat ada empat kali perjalanan yakni KA lokal Pandan wangi relasi Jember – Banyuwangi PP.

Luqman menjelaskan PT KAI menetapkan masa angkutan Lebaran tahun 2017 selama 22 hari yakni masa sebelum Lebaran selama 10 hari pada tanggal 15-24 Juni 2017, masa Lebaran selama 2 hari pada tanggal 25-26 Juni 2017, dan masa setelah Lebaran selama 10 hari tanggal 27 Juni-6 Juli 2017.

Sementara salah seorang warga Jember Yudho Wibowo mengaku sudah membeli tiket KA Logawa jauh-jauh hari karena keluarganya sudah merencanakan untuk mudik Lebaran ke Purwokerto.

“Kami mudik bertepatan dengan libur sekolah dan libur kerja, sehingga jadwal untuk pulang ke kampung halaman sudah terencana dan tiket kereta untuk mudik dan balik sudah kami dapatkan,” ucap karyawan swasta di Jember itu.(ant)