www.korannasional.com – Potensi kejahatan di Kota Depok akhir akhir ini meningkat. Titik-titik rawan itu mencakup jalan Raya Bogor, Jalan Juanda, Jalan Tapos, Margonda, dan Jalan Krukut.

Data 2015 mulai dari kasus pencurian masuk ke dalam 70 kasus crime total (CT) laporan yang masuk ada 3.069, sedangkan penyelesaian (CC) 2.174 atau 70,83 persen. Untuk 11 kasus CT 1,277 dan CC 784 atau 44,25 persen. Lalu empat kasus CT 818 CC 262 dengan persentase 44,25 persen.

Kepolisian Resor (Polres) Kota Depok pun tak tinggal diam. Selain melakukan patroli di seluruh wilayah hukumnya, Polres Depok juga mengenalkan layanan yang bernama HALO POLISI. Mereka menyiapkan aplikasi online berbasis Android yakni panic button.

Layanan HALO POLISI ini merupakan sebuah bentuk pemolisian era modern yang bertujuan untuk melayani masyarakat di dunia digital. HALO POLISI hadir dalam bentuk APLIKASI dan WEB untuk memudahkan masyarakat dalam melaporkan berbagai kejadian yang membutuhkan respon dari Polri, seperti kejahatan, kemacetan, dan kecelakaan lalu lintas dan lainnya.

Cara menggunakan layanan HALO POLISI sangat mudah. Cukup dengan mendaftarkan email yang selanjutnya akan dilakukan verifikasi untuk mendapatkan username dan password. Saat ini layanan HALO POLISI baru hanya dapat digunakan oleh pengguna perangkat smartphone dengan berbasis Android. Perkembangan berikutnya, HALO POLISI akan dapat digunakan bagi pengguna smartphone yang berbasis IOS.

“Jika setiap kejadian masyarakat melapor, aparat kepolisian langsung bergerak cepat,” kata Kapolresta Depok Kombes Pol Herry Heryawan di Malporesta Depok, Selasa (3/1).

Program ini menurut Harry untuk menekan angka kriminalitas. Karena itu pentingnya peran masyarakat untuk melaporkan setiap kejadian yang ada di wilayahnya. “Insya Allah pada awal Februari 2017 nanti dua aplikasi keamanan berbasis digital IT Hallo Polisi dan panic button akan kami launching besa-besaran,” jelasnya.

Layanan HALO POLISI juga dapat diakses dengan mengunjungi website www.halopolisi.id. Layanan pada website ini memiliki fungsi yang sama layaknya seperti pada aplikasi Android.

Beberapa fitur andalan dari layanan HALO POLISI yang diluncurkan oleh Polresta Depok adalah memudahkan masyarakat untuk mengetahui perkembangan kejadian kejahatan yang telah dilaporkan. Selain itu masyarakat juga dapat dengan mudah untuk mencari kantor polisi yang terdekat disertai dengan nomor telepon yang dapat dihubungi.

Layanan Halo Polisi juga menjangkau masyarakat dari berbagai kalangan dengan memanfaatkan grup komunitas yang dapat dibuat di dalam layanan HALO POLISI. Layanan HALO POLISI juga memberikan tempat bagi para Netizen yang ingin melakukan forum diskusi dengan membahas isu-isu terkini.

“Semoga sebuah karya dari Polresta Depok ini dapat mendekatkan Polri kepada masyarakat dan menjadi pemacu untuk menjadikan Polri selalu lebih baik dan menjadi sosok polisi yang profesional, modern, dan terpercaya,” imbuhnya.*Suryansyah