www.korannasional.com – Malam tahun baruan kemana? Jangan bingung-bingung. Tak perlu keluar kota. Taman Impian Jaya Ancol jadi tempat untuk keluarga bermalam tahun baruan bagi warga Jabodetabek.

Ancol Taman Impian sebagai destinasi wisata dan pusat perayaan malam tahun baru Jakarta telah menyiapkan berbagai sajian hiburan yang luar biasa untuk dinikmati oleh seluruh pengunjung yang akan menghabiskan malam pergantian tahun.

Seperti tahun sebelumnya, Manajemen Ancol kembali bekerjasama dengan stasiun televisi SCTV menggelar panggung musik “Gempita 2017 – WARNA WARNI LANGIT NUSANTARA” di Pantai Carnaval Ancol.

Pun akan dimeriahkan oleh sejumlah musisi papan atas Indonesia antara lain Noah, Geisha, Setia Band, Wali Band, Duo Anggrek, Selvy Kitty serta artis pendukung lainnya yang akan dipandu oleh MC kondang Narji dan Audi Marissa.

Rencanannya Plt Gubernur Soni Sumarsono akan turut hadir menyapa masyarakat pengunjung panggung pantai carnaval dan menghitung mundur detik-detik pergantian baru serta menyaksikan pesta kembang api.

Kemeriahan menyambut datangnya tahun baru juga hadir dibeberapa titik yang tersebar di area Ancol Taman Impian. Pengunjung dapat menikmati panggung unik berupa panggung terapung yang dikolaborasikan dengan penampilan LED show di Pantai Lagoon. Panggung Terapung (floating stage) di laut merupakan inovasi baru yang komponennya didatangkan langsung dari Taiwan. Panggung berukuran 24 x 14 meter dengan daya topang sekitar 60 ton ini akan diisi oleh penampilan musik yang dikolaborasikan dengan cahaya LED.

Terdapat atraksi jetski dengan kostum LED (flyboard) yang dipadukan dengan water screen yang sewaktu-waktu muncul pada saat penampilan water drum, POI dan flyboard.

Keunikan lainnya yaitu penampilan water drum yaitu drummer percusion yang drumnya akan ditembakan lampu dan air serta flying drummer yaitu drummer percusion yang akan beratraksi melayang-layang diatas laut.

Kemeriahan LED show ini makin komplit dengan peampilan fashion LED yaitu kostum yang menggunakan cahaya LED.

Tidak hanya itu, penyanyi kawakan Vina Panduwinata juga siap menyapa pengunjung yang bermalam di Putri Duyung Ancol serta aneka tarian Nusantara antara lain reog ponorogo dan kecak akan memberikan nuasa seni dan budaya di Panggung Pasar Seni.

Aneka kuliner juga akan hadir di Pantai Lagoon dan Taman Lumba-lumba. Teuku Sahir Sahali, Direktur Rekreasi Ancol Taman Impian mengatakan, “Seluruh rangkaian hiburan musik ini dapat dinikmati seluruh pengunjung mulai pukul 21.00 wib, serta pagelaran budaya di pasar seni dapat dinikmati mulai pukul 19.00 WIB sampai dengan datangnya pergantian tahun.”

Tidak lengkap jika malam pergantian tahun tidak dihiasi oleh indahnya warna-warni kembang api di angkasa. Tidak kurang 5 titik kembang api meriahkan sepanjang pantai Ancol.

Konfigurasi kembang api cantik tersebut dapat dinikmati di Panggung Carnaval, Putri Duyung Ancol, Pantai Festival, Taman Lumba-Lumba dan kembang api terbesar di Pantai Lagoon.

Kembang api yang diiringi oleh musik (musical fireworks) siap melengkapi malam pergantian tahun di Pantai Lagoon. Kembang api tersebut merupakan konfigurasi kembang api terbesar dan terlama yang dapat disaksikan seluruh pengunjung pada malam tersebut. Tidak kurang 30ribu tembakan kembang api dengan durasi 15 menit menambah keceriaan menyongsong tahun baru yang tentunya dengan harapan baru yang lebih indah.

Dalam upaya mendukung kelancaran acara, Manajemen Ancol telah menyiapkan sarana dan prasarana ekstra serta menambah personel keamanan gabungan yang terdiri dari keamanan internal, Pramuka, Satpol PP, Polri, dan TNI serta lifeguard dengan total personil sekitar tiga ribu orang. Tim keamanan tersebut juga akan dibantu dengan adanya 34 kamera cctv yang tersebar di seluruh area Ancol.
.
Sama seperti pada tahun sebelumnya, Ancol juga akan menerapkan sistem Sentral Parkir guna menunjang kenyamanan pengunjung, sistem Sentral Parkir tersebut akan diberlakukan mulai 31 Desember 2016 pukul 05.00 WIB hingga 1 Januari 2017 pukul 24.00 WIB.

Pengunjung yang membawa kendaraan roda dua atau lebih akan langsung diarahkan untuk mengisi kantong-kantong parkir yang tersedia dan dapat menampung sekitar 15.000 mobil dan 30.000 motor.

“Dengan target pengunjung sebesar 270.000 orang pada malam pergantian tahun, kami harus mempersiapkan yang terbaik dengan penambahan durasi sistem sentral parkir serta aramada bus wara-wiri agar semua pengunjung dapat menikmati malam pergantian tahun dengan nyaman dan gembira,” ujar Teuku Sahir Sahali.*suryansyah