>

www.korannasional.com – Wakil Wakikota Depok, Pradi Supriatna, memotivasi para guru dalam rapat kerja dan workshop Dinas Pendidikan (Disdik) di Cisarua, Kabupaten Bogor, 22 Desember 2016.

Kegiatan yang diadakan selama dua hari, 21-22 Desember tersebut, diikuti kepala SD, SMP, SMA dan SMK negeri se-Kota Depok, yang jumlahnya ada 706 peserta.

“Guru dan orang tua harus saling kerja sama. Guru bertugas membimbing anak-anak di sekolah. Tapi, di rumah menjadi kewajiban orang tua. Pengawasan terhadap perkembangan anak ini harus sinergi,” kata Pradi.

Pradi mengimbau pentingnya berbagi peran antara guru dan orang tua. Menurutnya guru tidak hanya sekadar mengajar dan mendidik siswa saja. Tetapi, guru adalah orang tua saat berada di sekolah. Jadi, apa yang dilakukan dan diperbuat guru, selalu berpengaruh pada perkembangan siswanya.

“Guru dan orang tua harus bisa saling bekerjasama dalam memajukan dunia pendidikan,” imbuhnya.

Pradi juga mengatakan proses belajar itu bukan hanya di sekolah. Tapi, para siswa juga patut diberikan kegiatan-kegiatan sosial seperti berinteraksi dengan masyarakat.

“Ilmu yang didapat dari sekolah setidaknya juga dapat dipraktekan di lingkungan. Misalanya bagaimana dalam bersosialisasi dan berintegrasi dengan lingkungan.”

Di lain pihak, Kasi SD Disdik Kota Depok, Sada Sugianto menyebut workshop tersebut untuk menyamakan persepsi yang berkaitan dengan implementasi kegiatan pendidikan dan pembelajaran di sekolah. Dalam kegiatan tersebut, ada beberapa materi yang dibahas, yakni pembuatan RKAS, wawasan kebangsaan, undang-undang tipikor, saber pungli, penilaian kinerja kepala sekolah dan lain-lain.*suryansyah

LEAVE A REPLY