www.korannasional.com – Pengecoran jalan dari Kampung Utan ke arah Stasiun Citayam, pembatasan antara wilayah Depok dan Bogor hampir rampung. Pembangunan crossing saluran air ke Kali Palayangan, Keluruhan Pondok Jaya pun tengah dikerjakan.

Crossing baru ini dibangun untuk mencegah meluapnya Kali Pelayangan sebagai penyebab banjir di kawasan Kampung Utan dan Perumahan Permata Depok, Keluruhan Pondok Jaya, Kecamatan Cipayung, Depok.

Puluhan buis beton (bahan bangunan untuk saluran air atau gorong-gorong) berukuran 1×1,30 meter tipe box culvert telah diturunkan dari alat berat excavator di wilayah RT 02 RW 04 Keluruhan Pondok Jaya. Sebagian bahkan langsung ditanam di sepanjang jalan yang telah digali menuju pembuangan air ke arah Kali Pelayangan.

Mengingat jalan di sekitar wilayah tersebut tidak rata, sebelumnya dilakukan pemadatan tanah sekitar setinggi 15-30 cm di daerah yang rendah. Sehingga pemasangan buis beton bisa disesuaikan dan air akan mengalir. Menurut mandor Husmin, kedalaman penggalian untuk penempatan buis beton tersebut mulai dari 2,10 meter hingga 3,30 meter ke hilir kali.

Husmin mempekerjakan sebanyak 12 orang untuk melakukan proyek yang diperkirakan memakan waktu sebulan itu. Mereka bekerja mulai pagi hingga pukul 4 sore.

Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (Bimasda) Kota Depok, Manto, mengatakan penyebab banjir di wilayah itu dikarenakan meluapnya Kali Pelayangan yang melintas di tengah pemukiman warga. Karenanya, kata dia harus dilakukan peninggian jalan di sebelum dan sesudah jembatan Kali Pelayangan agar air tidak naik serta pembuatan crossing baru di Jalan Batu Alam.

Menurut Manto, pihaknya telah melakukan komunikasi terkait kegiatan tersebut. Pada prinsipnya warga mendukung pelaksanaan kegiatan peningkatan jalan dan pembuatan sodetan atas usulan masyarakat dan lurah setempat.

“Mudah-mudahan pembangunan crossing baru ini jadi solusi terbaik, karena debit air yang tinggi bisa disalurkan melalui saluran air di sana dan Kali Pelayangan tidak lagi meluap,” kata Manto.

“Diharapkan pengerjaannya rampung akhir Desember ini. Semoga warga sekitar tidak lagi khawatir jika hujan lebat turun.” *Suryansyah