Korannasional.com – Sakitnya anak, dera derita bagi ibunya. Senangnya anak, sangatlah menyenangkan hati ibunya. Enaknya makanan si anak, tersenyumlah ibunya. Muntahnya si anak, cemas dan gusarlah ibunya.

Aneka ujian hidup dialami si anak, aneka motivasi diberikan oleh ibunya Hebatnya prestasi si anak, betapa bangga ibunya. Jahatnya si anak, hancurlah hati ibunya.

Ikatan batin anak dan ibu begitu kuat. Itu proses yang luar biasa dalam hidup. Anak benar-benar akan mendapat cinta kasih yang dalam dari ibunya. Tidak keliru jika syair lagu “Kasih Ibu” berbunyi: “Hanya memberi/Tak harap kembali/Bagai sang surya/menyinari dunia.”

Hj. Maisuroh binti KH Abdul Mugni, ibu dari Walikota Depok KH. Idris Abdul Shomad telah tiada, Selasa (29/11). Dia berpulang ke ramahtullah. Almarhumah meninggal dunia di Rumah Sakit Mitra Keluarga Depok. Jenazah almarhumah dikebumikan di TPU Pabuaran, Jawa Barat.

Kepergiannya tentu meninggalkan sejuta rasa. Terutama bagi keluarga Idris Abdul Shomad. Masa-masa indah dengan ibunda tinggalkan kenangan. Tempatnya untuk mengadu telah tiada. Tak lagi tempat berbagi suka dan duka. Hanya doa yang kini bisa dipanjatkan.

Almarhumah sosok yang sederhana. Hidup apa adanya. Ia aktif dalam sebuah majelis taklim. Almarhumah juga aktif dalam kegiatan lingkungan kemasyarakatan. Hebatnya, almarhumah tak pernah neka-neko meski sang anak orang nomor satu di Kota Depok. Kesederhanaan itu membuatnya bahagia.

“Semoga Allah menerima segala amal ibadah almarhumah dan keluarga yang ditinggalkan diberi kekuatan, ketabahan, dan keikhlasan,” tutur wakil Walikota Depok Pradi Supriatna.

Innalillahi wa’inna illaihi rojiun.*suryansyah