www.korannasional.com–Seorang wanita bule Theresia, warga negara Ceko, dijemput keluaranya di Panti Sosial Bina Insan (PSBI) Kedoya, Jakarta Barat, Minggu (6/11/2016) sore. Ia dibawa petugas Sudin Sosial Jakarta Selatan ke panti karena membuat gaduh di Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan saat menghadang bus TransJakarta.

Masyudi, Kepala Panti PSBI Bangun Daya 1 Kedoya, mengungkapkan Theresia dijemput setelah pegawai Hotel Aryaduta menghubungi keluarganya. “Ia sebelumnya menginap di hotel tersebut beberapa hari tetapi meninggalkan tagihan karena belum membayar,” katanya.

Menurutnya, wanita berambut pirang itu mengalami depresi berat hingga semua orang yang ada di sampingnya dicurigai. Bahkan dia menolak diajak berbicara oleh petugas yang menguasai bahasa Inggris.

“Giliran petugas panti yang tidak bisa berbahasa Ingris dia bersedia ngobrol,” ujar Masyudi.

Setelah dijemput keluarga, sambungnya, Theresia akan dibawa pulang ke negaranya. “Namun sebelum dibawa pulang ke negaranya, dia akan dibawa ke dokter untuk mendapat pengobatan agar bisa tenang dan perjalanannya di pesawat tidak mengalami hambatan,” imbuhnya.

Sebelumnya, Theresia diamankan oleh petugas P3S Sudin Sosial Jakarta Selatan setelah berteriak-teriak sambil menghadang Bus TransJakarta di tengah Jalan Gatot Subroto, Minggu (6/11/2016) pagi. “Sambil menenteng tas besar dia meneriakkan kepingin e-banking-nya on, butuh uang, butuh tidur di hotel, butuh internet,” papar Kepala Suku Dinas Sosial Jakarta Selatan, Mursidin.

Polisi kemudian menghubungi Sudin Sosial Jakarta Selatan. Perempuan itu pun dibawa ke Panti Sosial.

Namun dalam perjalanan, papar Mursidin, wanita itu enggan menyebutkan identitasnya. “Sepertinya Theresia sudah punya masalah di Bali. Berdasarkan info yang diberikan, saat di Bali ia bermasalah dengan temannya hingga terjadi keributan di kafe sehingga dia pergi ke Jakarta,” urainya.

“Dia juga mengaku takut dibohongi. Menurut keterangan, dia sempat dibohongi temen-temannya. Tapi ketika didesak temannya siapa, dia tidak bisa menjelaskan,” tuntas Mursidin. (Mas Tete)