www.korannasional.com–Sebanyak 5.000 lebih jadi peserta lomba lari 10 km Depok 10 K 2016, namun sebanyak 50 orang diantaranya diketahui bertumbangan dan sempat pingsan.Diduga mereka kelelahan dan tetap memaksakan diri untuk finish.

“Mereka ini sepertinya terlalu memforsir diri, padahal belum terbiasa. Jadi kondisi fisiknya agak kaget dan akhirnya pingsan,” ujar Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Depok Lies Karnawati, Minggu (30/10/2016).

Lies memastikan bahwa ke 50 orang yang pingsan itu ditangani dengan baik oleh pihaknya sehingga tidak ada peserta lari yang mengalami kondisi kesehatan fatal. Dalam kegiatan ini pihaknya menurunkan 60 orang tim ahli kesehatan berikut petugas media di ambulan.

“Jadi mereka yang pingsan itu tidak ada yang mengalami cedera serius. Karrena tim kami cukup cepat, saat memberi perawatan ke peserta yang bertumbangan,” ungkap Lies

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Masyarakat, Dinkes Depok, Enny Ekasari menjelaskan semua peserta Depok 10 K yang sempat pingsan sudah diperbolehkan pulang dan tidak dirawat berkepanjangan. “Mereka semua sudah normal kembali. Jadi gak ada yang sampai dirujuk ke rumah sakit,” kata Enny.

Sebab menuturnya saat peserta diketahui melemah atau akan pingsan, pihaknya bekerja tanggap. “Kami akan langsug bawa mereka ke mobil Ambulans dan kami kasih oksigen. Intinya suhu badannya agar stabil dahulu sehingga tidak ada yang sakit serius,” tutur Enny. (Ayoe)