www.korannasional.com – Dua kartu merah mewarnai laga sengit antara Barcelona dan Manchester City pada pekan ke-3 fase grup Liga Champions di Camp Nou, Kamis (20/10) dini hari. Dua kartu merah tersebut menggambarkan panasnya tensi pertandingan.

Pada menit-menit awal laga, Man City mencoba mengambil inisiatif melakukan serangan. Namun permainan cepat Man City mampu diredam kubu tuan rumah.

Barcelona justru mampu membuka keunggulan saat laga baru berjalan 17 menit. Lionel Messi membawa Barcelona unggul 1-0 setelah memperdaya Kiper Man City, Claudio Bravo.

Man City punya peluang emas menyamakan kedudukan pada menit ke-38 melalui sepakan Ilkay Guendogan yang sukses menembus jantung pertahanan Los Blaugrana. Sayang, sepakan terukur pemain internasional Jerman tersebut ke arah kanan gawang Barcelona masih bisa ditepis kiper Marc-Andre ter Stegen.

Laga semakin sengit di pengujung babak pertama. Luis Suarez nyaris menggandakan keunggulan Barcelona, tetapi bola sepakannya masih bisa ditepis kaki Claudio Bravo.

Sepanjang babak pertama, dua pemain Barcelona ditarik keluar karena cedera. Jordi Alba diganti Lucas Digne pada menit ke-10 dan Gerard Pique digantikan Jeremy Mathieu pada menit ke-39.

Dalam situasi tertinggal, Man City mencoba tampil lebih menekan di awal babak kedua. Sayang, bencana menghampiri kubu tamu pada menit 53. Kiper Man City, Claudio Bravo, diusir wasit lantaran menepis tendangan Messi dari luar kotak penalti. Wasit langsung mengeluarkan kartu merah untuk Bravo. Man City terpaksa bermain dengan 10 orang di sisa laga.

Unggul jumlah pemain membuat Barcelona semakin mendominasi laga. Hasilnya, pada menit 61 Barcelona berhasil menggandakan keunggulan lewat sepakan Messi dari luar kotak.

Messi jadi momok bagi pertahanan Man City di laga ini. Pada menit ke-69, bintang Argentina itu memperlebar keunggulan usai memaksimalkan umpan Luis Suarez. Barcelona unggul 3-0.

Pada menit ke-73, Barcelona juga dipaksa bermain dengan 10 orang setelah Mathieu mendapat kartu kuning kedua. Dua kartu kuning itu didapat dalam tempo dua menit.

Barcelona berpeluang besar mencetak gol keempat di laga ini setelah mendapat hadiah penalti pada menit ke-86 karena Messi dilanggar di area terlarang. Apes, Neymar yang ditunjuk sebagai eksekutor gagal menunaikan tugasnya. Bola sepakannya ke arah kiri mampu dibaca dengan baik oleh Caballero.

Tapi tiga menit berselang, Neymar membalas kegagalannya tersebut dengan mencetak gol keempat Barcelona pada menit 89. Barcelona menutup laga dengan kemenangan 4-0.

Kemenangan ini membuat Barcelona kokoh di puncak klasemen sementara grup C dengan sembilan poin. Sementara ManCity turun ke posisi tiga dengan koleksi empat poin.*sys

Susunan Pemain
Barcelona:
Ter Stegen; Mascherano, Pique (Mathieu 39’), Alba (Digne 10’), Umtiti, Iniesta (Andre Gomes 80’), Rakitic, Busquets, Messi, Suarez, Neymar.

Manchester City:
Bravo; Zabaleta (Clichy 57’), Kolarov, Otamendi, Stones, David Silva, Fernandinho, Guendogan (Aguero 79’), De Bruyne, Sterling, Nolito (Caballero 57’).