www.korannasional.com– Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini dan Bupati Trenggalek Emil Elestianto Dardak bersama 40 kepala daerah se-dunia diundang hadir dan menyampaikan statment di sidang PBB di Quito, Ekuador.

“Alhamdulillah, saya dan Bu Risma sama-sama dipilih bersama 40 kepala daerah se-dunia seperti Barcelona, Berlin, Seoul, Delhi, Oklahoma, Buenos Aires dan Madrid, untuk menyampaikan statment menyongsong era pembangunan berkelanjutan baru untuk 20 tahun ke depan di sidang PBB di Quito, EKuador,” kata Bupati Trenggalek Emil, Senin (17/10/2016).

Emil yang juga menjadi Co-President Asosiasi Pemerintah Daerah Asia Pasifik diminta untuk memparkan isu perubahan iklim, dalam agenda di Habitat III United Nations Conference di Quito.

“Kami diminta untuk memaparkan isu climate change dan local government role in global agenda setting,” terangnya.

Di forum pertemuan antar kepala daerah, kemarin Bupati Emil juga menyampaikan aspirasinya bahwa kebijakan pembangunan yang dirumuskan PBB melibatkan pemerintah daerah sebagai garda terdepan dan bersentuhan langsung dengan masyarakat.

Emil juga mengingatkan tentang pentingnya keterlibatan DPRD (Dewan Perwakilan Rakyat Daerah) sebagai unsur yang tidak terpisahkan dalam pembangunan daerah. (Rizky)