www.korannasional.com – Sebanyak 22 pengurus provinsi menplot Wiranto sebagai calon ketua umum Pengurus Pusat Persatuan Bulutangkis Indonesia (PP PBSI). Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan itu pun menerima pinangannya untuk maju dalam bursa pencalonan tersebut.

“Kita melangkah bersama untuk kebangkitan kembali bulutangkis Indonesia. Sebanyak 22 Pengprov sudah menandatangani dukungannya untuk meminta saya mengurus PBSI,” tutur Wiranto.

Ketua Umum Partai Hanura itu pun tak memiliki alasan untuk menolak pinangan dari pengprov DKI Jakarta, Sabtu (15/10). Menurutnya dia sejak kecil sudah bermain bulutangkis, bahkan hingga sekarang. Menteri Negara Koordinator Bidang Politik dan Keamanan itu, mengaku pernah ikut kejurnas yunior di Malang dan melawan Rudi Hartono.

“Saya juga menekuni banyak olahraga beladiri dan pernah menjadi pengurus taekwondo dan karate. Karena kecintaan saya terhadap olahraga, saya siap untuk maju sebagai ketua umum PBSI,” ujarnya.

Nama Wiranto sebenarnya sudah muncul sejak awal Oktober lalu. Saat itu ada 15 pengurus provinsi yang telah menyatakan dukungannya. Adalah ketua Umum Pengprov Lampung, Abdullah Fadri Auli, yang mengklaim ada 14 pengprov yang juga sudah memberi dukungannya di atas materai.

Kini, jumlah dukungan kepada Wiranto bertambah jadi 22 dari 32 pengprov yang punya hak pilih pada Kongres PBSI, 31-1 November Oktober nanti di Surabaya. Mayoritas dukungannya mengalir lantaran ketidakpuasan atas perhatian pengurus pusat kepada pengprov daerah. Bakal calon ketum baru bisa mendaftarkan diri pada 15-27 Oktober 2016.

Beberapa pengprov bahkan menyatakan dukungannya secara terbuka dan sempat menyampaikan kesan dan pesan terkait kepemimpinan Gita Wirjawan selama periode 2012-2016. Mereka dari pengprov Kepulauan Riau, pengprov Sulawesi Utara, dan pengprov Kalimantan Barat.

Sekretaris Dewan Pengawas PP PBSI, Abdullah Fadri Auli mengatakan ada beberapa nama yang mengincar kursi nomor satu organisasi bulutangkis Indonesia. Bahkan, ia mengklaim sebanyak 22 pengprov secara resmi mendukung Wiranto.

“Insya Allah di bawah kepemimpinan wiranto bulutangkis kembali berjaya. Karena kalau melihat track record pak Wiranto sebelumnya mengurus cabang bridge yang tadinya bukan apa apa jadi sesuatu. Kami harap bulutangkis bisa semakin berjaya dan terukir di mata dunia,” kata Abdullah.*sur