www.korannasional.com – Presiden Joko Widodo akan menjadi orang Indonesia ketiga yang dibuatkan patung lilin oleh Museum Madame Tussauds Hongkong. Perwakilan museum, Jenny, telah bertemu Jokowi di Istana Negara untuk melakukan wawancara dan mengukur postur presiden.

Terpilihnya Jokowi masuk deretan orang terkenal di museum tersebut tentu bukan tanpa alasan. Dalam polling langsung maupun online yang dilakukan Museum Madae Tussaud, nama Jokowi berada paling atas. Jokowi mengalalahkan Hillary Clinton, Donald Trump maupun orang-orang terkenal di dunia lainnya.

Menurut Jenny, perwakilan Museum Madame Tussauds, Jokowi sangat terkenal karena kepemimpinannya. Jenny juga mengatakan Jokowi sangat ramah dan salah satu pemimpin anti korupsi serta peduli terhadap rakyat miskin.

Pertanyaan polling itu, kata Jenny, salah satunya adalah “Siapa tokoh dunia yang pantas untuk dibuatkan patung lilinnya dan dipajang di museum?”

“Jawabannya banyak, ada siapa, siapa. Tetapi, dari kategori world leader, Pak Jokowi urutan pertama,” ujar Jenny.

Jokowi bukan satu-satunya Presiden Indonesia yang dibuatkan patung lilin. Sebelumnya sudah ada patung lilin proklamator sekaligus Presiden pertama Indonesia Sukarno di Museum Madame Tussauds Bangkok, Thailand dan penyanyi kondang Anggun C.Sasmi.

Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi Johan Budi Saptopribowo menambahkan, patung lilin Jokowi akan mengenakan kemeja putih lengan panjang yang tergulung.

“Jadi pose yang ingin ditampilkan Presiden itu adalah kegiatan sehari-harinya dia, seperti apa adanya. Biasa bekerja cepat sehingga tadi (patung) Beliau pakai kemeja putih dengan lintingan lengan,” ujar Johan.

Setelah pose, ukuran, bentuk dan warna tubuh Jokowi diambil, tim akan membawanya ke London, Inggris, untuk dijadikan patung lilin. Proses pembuatannya membutuhkan waktu 6 bulan.*Suryansyah