www.korannasional.com–Sebuah foto karya jurnalistik saat polisi menjaring puluhan pekerja seks komersial (PSK) cukup laris digunakan sebagai ilustrasi foto yang terkait pemberitaan razia PSK di beragam media online. Tak hanya itu, foto tersebut juga kerap digunakan sebagai meme lucu seperti di beberapa blog dan sebagainya.

Foto tersebut menggambarkan puluhan wanita seksi berjejer di depan pos pejagaan polisi yang diatasnya tertulis, “Kami Siap Melayani Anda”.

Bahkan foto tersebut dijadikan salah satu meme terlucu 2016 dengan judul meme lucu terbaru x jodoh 2016. Foto tersebut dikaitkan dengan pembongkaran lokalisasi Kali Jodoh Jakarta. Dalam prolognya ditulis: Cukup banyak sob foto lucu seputaran kali jodoh yang kami suguhkan tentunya sobat bisa memilih dan menyimpannya di galeri. Seperti kisah foto yang satu ini di mana para PSK sedang berantri untuk di data, tentunya foto tersebut cukup kocak sob jika kalian jadikan foto lucu di status sosmed.

Lalu ada disebuah blog, foto itu ditampilkan dengan judul Polisi oh Polisi yang mendapat hampir 10 ribu komentar lucu. Di sebuah facebook, foto tersebut dikomentari 8.148 orang.

Beberapa komentar yang menggelitik diantaranya yakni: Ini cuma kata kata tanpa makna dari seorang Polisi…Kok bisa pas yaa…. foto dengan “situasi” dan “semboyan” polisi yang ditampilkan……

Lalu ada komentar: Ikut senyum senyum sendiri, angle pengambilan foto itu pas banget. Ada tulisan di atas para wanita itu “Kami siap melayani Anda”. Xixixi….Komentar lainnya, ternyata motto Polri udah disabot ama lonte-lonte.

Foto “Kami Siap Melayani Anda” ini sudah meramaikan jagad dunia maya sejak 2006. Foto tersebut pertama kali muncul sebagai foto ilustrasi di republika.co.id. Tapi sayangnya foto tersebut kerap digunakan sebagai ilustrasi di berbagai media online tanpa menyebutkan karya dan sumber foto tersebut. Bahkan kini, foto tersebut muncul dengan sumber foto dari flickr.com dan archives.kaskus.co.id.

“Itu foto saya abadikan saat polisi menangkap puluhan PSK yang masih menjajakan diri di bulan Ramadhan. Seingat saya itu foto peristiwa pada Ramadhan 2003,” ujar wartawan Republika, Rusdy Nurdiansyah, Minggu (9/10/2916).

Menurut Rusdy, foto tersebut dibidik masih menggunakan kamera SLR manual film dengan lensa 35 mm ditambah pencahayaan dari flash eksternal. Foto menggambarkan kejadian saat para PSK yang terjaring razia sedang mengantri untuk di data oleh aparat kepolisian di depan Kantor Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polresta Jakarta Pusat.

“Saya sangat menyayangkan karya foto saya itu digunakan tanpa izin dan pencantuman karya oleh banyak situs, blog, berita online, dan medsos. Sebaiknya sih, cantumkan sumber fotonya. Tapi ya sudahlah,” tutur wartawan senior Republika itu. (Raakan/Mas Tete)