www.korannasional.com–Di Jakarta ternyata masih punya hamparan sawah. Bahkan, Jumat (30/9/2016), para pejabat dan pegawai di lingkungan Pemerintah Kota Jakarta Timur, melakukan panen padi di sawah abadi seluas 5 hektar, kawasan Cakung, Jakarta Timur.

Sawah ini milik Suku Dinas Kelautan, Pertanian dan Ketahanan Pangan (KPKP) Kota Administrasi Jakarta Timur, tepatnya berada di  di RW 08 Kelurahan Cakung Timur, Kecamatan Cakung, Jumat (30/9).

Kegiatan panen padi ini, dipimpin langsung Asisten Perekonomian dan Administrasi Jakarta Timur Eric Pahlevi Zakaria Lumbun.

Eric didampingi Kepala Sudin KPKP Jakarta Timur Agung Priambodo dan Camat Cakung Alamsyah, langsung turun ke sawah untuk memanen padi  dari varietas ciherang yang ditanam sejak tiga bulan lalu. “Sawah tidak hanya ditemukan di pedesaan. Di kota pun masih ada sawah,” kata Eric.

Lahan sawah yang berada di Kelurahan Cakung Timur tersebut  luasnya mencapai 5 hektar. Diperkirakan, untuk satu hektar tanaman padi bisa menghasilkan beras sebesar 5 ton.

“Jika satu hektarnya bisa menghasilkan 5 ton maka hasil panen kali ini bisa menghasilkan beras yang mencapai 25 ton. Nantinya akan kita jadikan pembibitan,” tambahnya.

Menurutnya, selain aksi panen padi pihaknya beserta jajaran pejabat Pemkot terkait memanen hasil tanaman jenis palawija. “Hari ini yang kita panen bukan hanya padi saja. Tanaman berjenis palawija yang diantaranya pokcay, kangkung,  bayem kita juga panen dan hasilnya untuk masyarakat dan pegawai kantor yang menginginkanya,” jelasnya.

Kendati demikian Eric berharap, keberadaan lahan pertanian di Kecamatan Cakung itu harus tetap dipertahankan untuk memperluas Ruang Terbuka Hijau (RTH). ”Harus  terus dipertahankan lahan persawah ini, karena persawahaan termasuk bentuk RTH,” pungkasnya. (Raakan)