www.korannasional.com–Kota Depok turut memeriahkan acara Indonesia Fashion and Craft yang dilaksanakan di Jakarta Convention Center (JCC). Kegiatan yang dilaksanakan pada 21-25 September 2016, pagi tadi secara resmi dibuka oleh di Direktur Utama Lembaga Layanan Pemasaran KUKM (LLP KUKM) Kementerian Koperasi dan UMKM Ahmad Zabadi.

“Apa yang dipamerkan selama lima hari ini merupakan hasil kerajinan yang terbaik, diharapkan melalui kegiatan ini dapat meningkatkan citra Indonesia di luar negeri dan di mata para investor,” ujar Ahmad Zabadi, Rabu (21/9/2016).

Dirinya mengatakan, bahwa Kementerian Koperasi dan UMKM sangat mendukung kegiatan Indonesia Fashion and Craft yang pada tahun ini merupakan penyelenggaraan ke tujuh kalinya. Pihak Kementerian bangga dan memberikan apresiasi yang tinggi terhadap upaya pengembangan Koperasi dan UMKM yang dilaksanakan baik oleh Pemkot atau pihak swasta.

“Jangan hanya pendampingan atau pelatihan saja, harus ada pameran sebagai ajang mengelkan produk UMKM ke masyarakat juga,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Bidang UMKM Dinas Koperasi, UMKM dan Pasar (DKUP) Kota Depok, Rina Fithrianni Bahar mengatakan pada pameran ini, Depok membuka satu stand yang memamerkan 15 produk dari 15 pelaku UMKM khusus di bidang fashion dan craft. Namun, selain itu, juga ada produk minuman yang dipamerkan, yaitu minuman olahan dari buah belimbing yang merupakan buah khas Depok.

“Kita pamerkan produk batik dari UMKM Depok, baik itu berupa kain, baju, tas dan juga sepatu. Selain itu, juga ada kerajinan craft yang menariknya berasal dari bahan daur ulang,” jelasnya.

Rina mengatakan, keterlibatan Depok dalam kegiatan ini merupakan bentuk promosi untuk mengenalkan UMKM ke masyarakat khususnya kota lain.

“Untuk mengenalkan UMKM harus bersinergi juga dengan pihak lain, gak melulu di kegiatan Pemkot. Kami terus mencoba untuk meminta pihak lain untuk mendukung pelaku UMKM Depok,” tutupnya.

Wanita yang pernah menjabat Kepala Bidang Perlindungan Perempuan dan Anak, Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga (BPMK) Kota Depok ini mengatakan bahwa pihak Pemkot melalui DKUP terus berusaha untuk bekerjasama dengan pihak lain untuk mengikutsertakan UMKM Depok dalam pameran produk. Menurutnya, selain bisa dipakai sebagai ajang untuk memperkenalkan produk kepada publik, pameran juga berfungsi mempertemukan pelaku usaha dengan calon pelanggan, buyer maupun agen.

“Pameran juga dapat menciptakan relasi antar sesama pelaku bisnis sehingga mereka dapat membentuk networking bisnis yang sama-sama menguntungkan, intinya kami berusaha keras untuk mengangkat UMKM Depok,” tutupnya. (Azra)