www.korannasional.com– Liburan panjang Hari Raya Idul Adha 1437 Hijriah terjadi peningkatan arus lalu lintas arah ke luar Jakarta dibandingkan hari biasa. Namun, arus lalu lintas terpantau Korlantas Mabes Polri masih terbilang lancar dan normal.

“Sejauh ini masih normal, meski memang terjadi peningkatan dibandingkan hari biasa,” kata Kepala Korlantas Polri, Irjen Pol Agung Budi Maryoto, Ahad (11/9/2016).

Agung mengatakan, peningkatan terlihat agak ramai terpantau di keluar tol Cikarang, meski jumlah volume kendaraan lebih sedikit dibandingkan hari sebelumnya. Ia memperkirakan arus balik kendaraan ke arah Jakarta terjadi pada Senin (12/9) malam.

“Kalau yang dari luar kota itu diperkirakan sampai Jakarta besok malem, jam 9 dan 10 malam, hinhha jam pagi, mengingat Selasa sudah mulai masuk kembali,” kata dia. Petugas pun sudah disiagakan untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya kepadatan.

Agung mengatakan, peningkatan arus lalu lintas justru terlihat di dalam kota Jakarta yakni di titik-titik dekat tempat wisata. “Kalau untuk di tol normal, peningkatan justru di tempat wisata, yakni di lalu lintas arah Taman Mini, Ragunan kemudian Ancol, dan puncak,” kata dia.

Namun begitu, petugas di lapangan menurutnya sudah mengantisipasi jika terjadi kepadatan. “Nah kalau puncak itu karena memang ini kan hari libur, sore mungkin sudah turun lagi, karena besok kan Sholat Id,” tandas Agung. (Mas Tete)