www.korannasional.com– Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) lakukan Pencanangan Penanaman Bambu Nasional di desa Lanna, Kecamatan Parangloe, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, Sabtu (10/9/2016).

Penanaman bambu ini merupakan bagian dari program penanaman 100 juta bibit bambu untuk memperbaiki lingkungan sekitar.

JK menyampaikan, perbaikan lingkungan penting dilakukan karena memberikan manfaat bagi kehidupan. 

“Kita sebagai manusia tentu makin sadar arti lingkungan, bahwa untuk (meningkatkan) kualitas hidup haruslah lingkungan baik,” ujar JK.

JK menyampaikan, perbaikan lingkungan haruslah melibatkan masyarakat karena lingkungan yang baik bermanfaat bagi seluruh masyarakat. Selain memberikan manfaat bagi kehidupan, pengelolaan lingkungan yang dilakukan oleh masyarakat juga dapat menghindari tindakan penyelewengan dana anggaran oleh pejabat terkait.

“Acara lingkungan proyek reboisasi, penghijauan dll, tapi ujung-ujungnya kalau di sini, penjara. Tetap saja lingkungan tidak baik malah diselewengkan,” terang JK.

JK juga meminta masyarakat untuk mengelola hutan dengan baik. Sebab, hasil dari pengelolaan hutan dapat dimanfaatkan untuk perdagangan karbon. Perdagangan karbon yang dimaksud yakni program menyalurkan dana dari negara penghasil emisi karbon kepada negara yang memiliki sumber daya alam agar dapat menyerap karbon.  

Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo menyampaikan penanaman 10 juta bibit bambu di Sulawesi Selatan merupakan bagian dari program penanaman 100 juta bibit bambu secara nasional.

“Launching 100 juta bambu untuk Indonesia, diawali dengan 10 juta bambu untuk Sulawesi Selatan,” pungkas dia. (Riki)