www.korannasional.com– Diprediksi puncak arus mudik libur Idul Adha 2016 akan jatuh pada Sabtu (10/9/2016).

PT Jasa Marga sudah menyiapkan rekayasa arus lalu lintas untuk mengurai kemacetan di sejumlah gerbang tol. Petugas akan ditempatkan di simpul-simpul kemacetan, seperti di Simpang Susun (SS) Cikunir, tempat istirahat dan pelayanan (TIP), GT Cikarang Utama, dan jalur utama. 

AVP Corporate Communication PT Jasa Marga, Dwimawan Heru, mengatakan, rekayasa lalu lintas akan dilakukan jika terjadi kemacetan bekerja sama dengan pihak terkait seperti di lokasi Simpang Susun Cikunir dengan sistem buka/tutup ramp Cikunir 3, kemudian pengalihan arus lalu lintas dari Jatiasih menuju Cikampek di SS Cikunir via Sodetan/GT. Kalimalang 2 yang diinformasikan melalui Variable Message Sign (VMS) di KM 43 A Tol JORR.

“Alternatif rekayasa lalu lintas lainnya, PT Jasa Marga akan melakukan buka/tutup TIP Ruas Tol Jakarta-Cikampek,” kata Dwimawan Heru, Kamis (8/9) malam. Kemudian, di GT Cikarang Utama yang menjadi pusat kemacetan, akan dilakukan transaksi jemput kendaraan (JKR), dan penggunaan dua gardu reversible saat arus balik. 

Untuk arus mudik, pengalihan arus lalu lintas diarahkan melalui GT Cikarang Barat 3 dan masuk melalui GT Cikarang Barat 1. Adapun pada arus balik, pengalihan arus lalu lintas melalui GT Cikarang Barat 2 dan masuk melalui GT Cikarang Barat 4. 

Dalam kondisi darurat, dia mengatakan dilakukan contra flowpada sekitar TIP. Rencana lokasi contra flow pada saat arus mudik berada di Km 35+000 sampai dengan Km 41+000 (arah Cikampek). Adapun, rencanacontra flow arus balik di Km 69+000 sampai dengan 61+500, Km 53+100 sampai dengan Km 50+000 dan Km 44+800 sampai dengan Km 42.200 (arah Jakarta) 

“Saat arus balik, di Km 66 perlu perhatian lebih karena kendaraan yang pada arus balik tahun lalu tertahan di GT. Cikopo akan menjadi lebih cepat sampai di Km 66 (pertemuan lalin Purbaleunyi dan Cikampek), sehingga akan diberlakukan dedicated lane,” lanjut Heru. 

Apabila terjadi antrean panjang di GT Cileunyi dengan ekor antrean sampai dengan SS Buah Batu, akan dilakukancontra flow dari Km 151+200 sampai dengan GT Cileunyi (lalu lintas contra flow diarahkan ke gardu reversible). 

Dia menjelaskan Jasa Marga juga akan menyediakan poliklinik darurat gratis di ruas tol Jakarta-Cikampek (TIP 19/A, TIP 57/A, TIP 62/B dan TIP 42/B) dan Tempat Istirahat ruas tol Purbaleunyi (TIP 72/A, TIP 88/A, TIP 88 B dan TIP 72 B). Minimal lima toilet mobile tersedia di masing-masing TIP KM 19 A dan 39 A Jalan Tol Jakarta-Cikampek pada arus mudik dan pada arus balik tersedia minimal 5 toilet mobile di TIP 62B. 

Heru menjelaskan, untuk menjaga kondisi jalan tol selama libur Idul Adha 2016, Jasa Marga telah menyiapkan langkah antisipasi, yaitu penyiapan permukaan jalan dan memastikan aset lainnya dalam kondisi layak operasi. Pada periode libur panjang tersebut tidak ada lagi aktivitas pekerjaan proyek di seluruh ruas jalan tol yang beroperasi. 

Jasa Marga menyiapkan Satuan Tugas (Satgas) 24 jam yang bertugas untuk memastikan zero pothole di jalan tol, kebersihan jalur, ketersediaan sarana dan prasarana teknis (PJU, listrik, genset, air bersih di gerbang dan TIP, serta water tank untuk antisipasi kebakaran rumput), serta penyediaan alat berat ketika terjadi kondisi darurat saat terjadi longsor. (Mas Tete)