www.korannasional.com–Tahun ini, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok hanya membangun satu Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) di Jalan Margonda Depok. JPO yang akan dibangun pada tahun ini terletak di 
depan kampus Universitas Gunadarma.

“JPO di depan kampus Universitas Gunadarma sudah sangat mendesak di bangun karena cukup ramai lalulalang pejalan kaki,” ujar Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kota Depok, Gandara Budiana di Balaikota Depok, Selasa (6/9/2016).

Menurut Gandara, di sepanjang Jalan Margonda Depok saat ini sudah ada empat JPO yakni JPO Margonda Residence (Mares), JPO Margo City-Detos, JPO Terminal dan JPO Balai Kota Depok. “Pembebasan lahan untuk JPO Gunadarma sudah selesai, pemenang lelang juga sudah ada, Insya Allah bulan ini sudah mulai pengerjaannya,” terangnya.

Gandara mengatakan, bahwa pembangunan JPO Gunadarma ditargetkan akan selesai pada Desember 2016. “Adanya tambahan JPO di Gunadarma diharapkan dapat memberikan kenyamanan dan juga keamanan terhadap para pejalan kaki,” terang Gandara.

Diungkapkan Gandara, Pemkot Depok juga berecana untuk membangun beberapa JPO lagi di beberapa titik di sepanjang 4.895 Km di jalan utama Kota Depok itu, diantaranya adalah di depan D’mall dan juga di Taman Melati. “Namun, itu masih rencana kedepan. Sudah ada analisanya mana saja yang perlu dibangun JPO diantaranya dua titik itu,” tegas Gandara. 

Jalan Margonda memang cukup ramai dengan lalu lintas kendaraan bermotor serta aktivitas para pejalan kaki. Di kawasan tersebut merupakan pusat bisnis dan perdagangan yang terdapat beberapa pusat perbelanjaan dan beberapa apartemen serta juga terdapat beberapa kampus, diantaranya UI dan Gunadarma. Lalu lintas Jalan Margonda semerawut, angkot berhenti dan ngetem sembarangan dan tak memadai trotoar pejalan kaki dan minimnya JPO penyebab seringnya pejalan kaki tertabrak mobil atau motor. (Riki)