www.korannasional.com–Brasil tumbangkan Kolombia 2-1 pada laga zona Amerika Selatan Kualifikasi Piala Dunia 2018 di Arena da Amazonia, Manaus, Amazonas, Rabu (7/9/2016).

Neymar menjadi penentu kemenangan setelah Joao Miranda mencetak gol pembuka.

Kemenangan ini langsung mendongkrak posisi Brasil ke tempat kedua. Selecao menggusur rival bebuyutan Argentina. Kedua tim sama-sama mengumpulkan nilai 15, namun Brasil lebih baik dalam selisih gol. Argentina tergusur dari posisinya di puncak setelah ditahan imbang Venezuela 2-2.

Joao Miranda tampil mengesankan dengan mencetak gol pembuka bagi tuan rumah Brasil pada awal babak pertama. Gol tercipta berawal dari tendangan sudut yang dilepaskan oleh Neymar ke arah tiang dekat. Selanjutnya, Miranda menanduk bola masuk ke dalam gawang tim tamu. 

Brasil masih menguasai bola hingga menit keempat. Willian dan Dani Alves memainkan kombinasi serangan yang berbahaya di sisi kanan lapangan. Sementara pemain Kolombia masih sibuk mengejar pemain Brasil. 

Kolombia mulai mengendalikan permainan pada menit ke-16. Mereka menyamakan kedudukan menjadi 1-1, saat bek Brasil, Marquinhos, mencetak gol bunuh diri pada menit ke-36. Marquinhos menerima bola dari hasil tendangan bebas lawan. Namun, ia tampaknya gugup karena tekanan dari Sanches dan lantas menjebol gawang sendiri. Sehingga memberikan poin untuk lawan. Skor bertahan 1-1 hingga akhir babak pertama.

Usai turun minum, Neymar mendapat kartu kuning dari wasit setelah Neymar dan pemain Kolombia jatuh bertumpuk. Brasil pun melakukan beberapa kali pergantian pemain untuk memperkuat timnya. 

Gol yang dinanti-nanti dari Neymar pun tercipta pada menit ke-74. Philippe Countinho, yang baru masuk menggantikan Willian di babak kedua,  memberikan umpan ke arah Neymar. Bintang Barcelona itu kemudian melepaskan tembakan rendah dari jarak dekat yang tak mampu dijangkau  kiper Ospina. (Raakan)