www.korannasional.com– Guna menghindari penyalahgunaan narkorba, aparat kepolisian bersama TNI gencar melakukan upaya preventif pada masyarakat.

Seperti yang dilakukan jajaran Polda Metro Jaya, Polres Metro Jakarta Timur (Jaktim) dan Koramil 02/Matraman yang melakukan sosialisasi dan penyuluhan bertema Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) di kampung Berland, kelurahan Kebun Manggis, Matraman, Jakarta Timur (Jaktim).

Direktur Narkoba Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi John Turman Panjaitan mengatakan, peredaran narkoba kian kompleks. Perlu peran aktof dari seluruh elemen, termasuk masyarakat.

“Masyarakat tak perlu takut melaporkan adanya penggunaan narkoba pada aparat. Ada dana apresiasi dari pemerintah jika masyarakat berani melapor,” tutur John Turman dihadapan sekitar 150 warga.

Sementara itu, Wakapolres Metro Jakarta Timur AKBP Rif Rahman tak menapik maraknya peredaran narkoba diwilayahnya. Namun, dia berkeyakinan peredaran narkoba akan hilang sejalan dengan kekompakan dari seluruh elemen masyarakat.

“Di sini ada kampung Berlan, riwayatnya kelam dengan Narkoba. Kita harap peredaran narkoba itu semakin sirna,” paparnya.

Tak hanya itu, Komandan Rayon Militer 02/Matraman Mayor Arh Slamet menambahkan, Tiga Pilar (TNI, Polri dan Pemkot) selalu berkoordinasi mengawasi peredaran narkoba di wilayahnya itu. Dengan adanya sosialisasi ini, maka diharapkan akan membakar semangat masyarakat memerangi narkoba.

“Tiap malam kami berkeliling bersama tokoh agama dan tokoh masyarakat mamantau peredaran narkoba. Memang sulit, namun kami berkerja keras untuk menghilangkannya,” tutupnya. (Badar)