www.korannasional.com–Untuk yang kesekian kalinya Pedagang kaki lima di kawasan kota tua kembali ditertibkan,Kali ini penertiban langsung direlokasi ke jalan cengkeh,dengan dibantu tiga pilar Pemerintah Kota Jakarta Barat

Ratusan pedagang kaki lima (PKL) yang berjualan di Kawasan Kota Tua yang menghuni lorong Virgin, Plaza Taman Fatahilla, Kecamatan Taman Sari, Jakarta Barat, kembali di relokasi ke Jalan Cengkeh,Jakarta Barat.Senin (5/9/2016)

Walikota Jakarta Barat,Anas Efendi didampingi Dandim 0503/JB Letkol Inf Wahyu Yudhayana dan Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Perdagangan (KUMKMP) DKI Jakarta,Irwandi mengatakan, jumlah PKL di seputar Museum Fatahillah ada sebanyak 382 orang.Mereka merupakan PKL binaan yang tergabung dalam Koperasi Pena Waskata.

“Karena keberadaanya dianggap membuat kumuh dan kotor,kami relokasi PKL itu ke Jalan Cengkeh,” katanya,

Anas menjelaskan,tempat relokasi PKL di Jalan Cengkeh memiliki luas 1,2 hektar.Di tempat itu,pihaknya juga telah merelokasi sekitar 400 PKL liar yang berjualan di kawasan Kota Tua.

“Saya bingung kok pengunjung betah membeli makanan disini, padahal Anas bau dan kotor.setelah kosong Petugas PPSU Kecamatan Taman Sari Membersihkan sampah,lalu diteruskan Petugas Damkar Membersihkan dengan menyemprotkan air Dari Mobil Damkar sebanyak 2 Unit dilorong virgin sepanjang 100 meter,” ungkapnya.

Anas meyakini, kawasan Kota Tua akan bersih dan lebih nyaman bagi pengunjung setelah seluruh PKL direlokasi.

Dandim 0503/Jakarta Barat, Letkol Inf Wahyu Yudhayana mengatakan akan membantu kawasan kota tua dengan mengerahkan anggota usai relokasi.Para babinsa dan unit intel akan monitoring dan berjaga di sekitaran kota.Lokasi-lokasi strategis akan di pantau,termasuk indikasi kericuhan.

Dalam relokasi ini,lanjut Wahyu,TNI sendiri sifatnya hanya memback up,penertiban dan relokasi difokuskan kepada Satpol PP dan Kepolisian.Namun demikian dirinya tak akan segan untuk membantu melakukan tindak tegas bila ada yang mengancam kericuhan.

“Tentu kericuhan yang terjadi,bila mana polisi dan Satpol pp tak bisa mengatasi. Kami hanya di garis belakang,” tegas Wahyu.

Sementara Itu,Camat Tamansari Paris Limbong bersama Kasat Pol PP Jakarta Barat Tamo Sijabat Mengatakan,mulai hari ini Kawasan Kota Tua Steril dari PKL,kita akan jaga 24 jam penuh

Ditambahkan Kasatpol PP Jakarta Barat,Tamo Sijabat akan melakukan operasi tangkap tangan terhadap pedagang yang tetap berjualan.Pemantauan seputar Taman Fatahilla akan menjadi perhatiannya.
(Badar)