www.korannasional.com–Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meninjau Pelabuhan Kalibaru atau New Priok Container Terminal One (NPCT1) yang merupakan fase 1A dari keseluruhan Proyek New Priok Container Terminal, Sabtu (27/8/2016).

Budi menaiki Kapal Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) dari Pelabuhan Tanjung Priok menuju Pelabuhan Kalibaru, Jakarta Utara.

Budi didampingi Dirjen Perhubungan Laut A Tonny Budiono, Direktur Kepelabuhanan Mauritz Sibarani, Direktur Lalu Lintas dan Angkatan Laut, Bay M Hasani, Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP), Victor Vikki Subroto, dan Direktur Perkapalan dan Kepelautan Sugeng Wibowo serta Direktur Utama PT Pelindo II Elvyn G.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok I Nyoman Gde Saputra dan Kepala Kantor Syahbandar Utama Tanjung Priok Capt Sahattua P Simatupang.

Budi mengatakan peran transportasi, terutama sektor laut sangat memberikan porsi besar dalam struktur biaya logistik.

“Laut menggambarkan efisiensi nasional terhadap ekonomi sejauh apa, bisa diukur dari pergerakan laut,” katanya.

Untuk itu, Budi akan melakukan konsolidasi dengan BUMN yang ada untuk membuat perencanaan yang belum terintegrasi.

“Kita mengerti banyak inisiasi yang belum terlaksana baik. Satu catatan Presiden, hadirnya kita dalam satu kegiatan, bukan hanya bangun pelabuhan dan beli kapal, tetapi kapal bisa sampai, bawa penumpang dan barang biaya murah dan frekuensi normal,” katanya. (Riki)